KPU – AWPI Pesawaran Sinergi Sukseskan Pilkada 2020

Komisioner KPU berkunjung ke Kantor Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia Pesawaran sinergikan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020. Foto Saefudin

PESAWARAN – Ketua dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak wartawan yang tergabung Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPC AWPI) Bersinergi dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pesawaran tahun 2020 yang akan datang.

“Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Kalimat tersebut terucap sebagai kata pembukaan dari kunjungan Ketua dan Komisioner KPU Pesawaran.

Hal itu disampaikan oleh M Yatin Ketua KPU dalam kunjungannya diskertariat AWPI setempat, Senin (02/12).

Selain menyampaikan program KPU mendatang, Yatin mengatakan dalam kunjungannya, ialah untuk memperkenalkan Komisioner yang baru dilantik tertanggal 21 November 2019 lalu.

“Saya dan teman-teman komisioner lainnya, belum lama ini dilantik, maka harus menjalin silaturahmi dengan insan Pers, hal ini sengaja dilakukan agar dapat mempererat hubungan KPU dengan pengurus AWPI Pesawaran”,ujar M Yatin.

Menurut M Yatin dalam kata sambutannya menyebutkan, wartawan bisa berkontribusi aktif sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sebagai jurnalist, bahkan, wartawan bisa terlibat sebagai pengawas maupun relawan demokrasi.

Baca Juga:  KPU Pasang APK Pilgub

Lanjutnya, AWPI adalah lembaga Profesi Pers yang menaungi rekan-rekan wartawan yang didalamnya sebagai insan Pers di Bumi Andan Jejama.

“Karena, ketajaman karya jurnalistik bisa menjadi corong informasi untuk menyampaikan rangkaian program-program KPU kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran”, pintanya.

Ditahun yang akan datang, KPU akan menghelat pesta demokrasi yaitu, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesawaran.

Karena, Kabupaten Pesawaran salah satu peserta dari 224 Kabupaten/Kota yang menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak.

Tahapan-tahapan yang akan dijalankan, dimulai sejak Bulan April untuk melakukan pencocokan yang memiliki hak memilih di data pemilih.

Masih kata M Yatin tahapan selanjutnya, di Bulan Juni tahun 2020 pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati, tahapan kampanye calon kepala daerah, Bulan September tahapan pemilihan (pencoblosan) pemungutan dan penghitungan suara serta pentapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesawaran terpilih.

Baca Juga:  KPU Pesawaran Mulai Data Orang Pengidap Gangguan Jiwa

“Mari kita sukseskan bersama Pilkada tahun 2020 mendatang, dengan bergandengan tangan dan bahu membahu antara KPU dan Insan Pers agar tercipta pesta demokrasi yang kondusif, aman dan sejuk”,ajaknya.

Sebelumnya, Jajaran Komisioner KPU Pesawaran juga sudah melakukan kunjungan di Skertariat PWI dan KWRI Kabupaten setempat.

Ia berharap, Sambung Yatin, dirinya sangat berharap pertemuan yang penuh kekeluargaan ini, bisa memiliki kemistri yang baik dan juga untuk membangun kerjasama dalam menjalankan program tahapan-tahapan Pilkada tahun 2020 nanti.

Tentunya, rangkaian dan tahapan Pilkada akan menyerap anggaran yang cukup lumayan, Namun, Kata M Yatin saat ini KPU Kabupaten Pesawaran akan mengelola Anggaran sebesar Rp 28 miliar yang akan dikelola hingga rangkaian dan tahapan-tahapan Pilkada selesai.

“Kerjasama dalam penyampaian program KPU baik di media cetak maupun elektronik, dan tahapan-tahapan pesta demokrasi yang dimulai sejak Bulan April dan berakhir di Bulan September 2020, harapannya tahapan itu bisa tersampaikan kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran”, ungkapnya.

Dalam kesempatan audensi tersebut, Mussonip Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPC AWPI) Kabupaten Pesawaran menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada KPU Pesawaran Atas Kehadiran Ketua KPU bersama Komisionernya untuk beraudensi dengan jajaran pengurus AWPI.

Baca Juga:  KPU Lantik 33 Anggota PPK

Menurut Musonnip apa yang dilakukan KPUD Pesawaran adalah langkah awal yang baik untuk menjalin silaturahmi dengan berbagai lembaga insan pers yang ada di bumi Andan Jejama.

“Saya mewakili rekan-rekan di AWPI mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada teman-teman KPU yang sudah berkenan hadir berkunjung di Sekretariat AWPI pesawaran”,ucap Musonnip disela sambutannya.

Selain itu juga, Musonnip mengatakan, Silaturahmi yang baru saja terjalin antara KPUD dan AWPI Mudah-mudahan menjadi pintu silaturahmi.

AWPI secara garis besarnya, apa yang diungkapkan oleh Ketua dan Komisioner KPUD dalam menjalankan tahapan Pilkada tahun 2020 mendatang, AWPI dan awak medianya akan memberikan support maupun fungsi kontrol dalam bentuk karya jurnalistik.

Sambung Musonnip, dirinya berharap kepada KPUD Pesawaran, kedepannya KPU mampu mengakomodir media-media yang tergabung di AWPI untuk mensosialisasikan proses tahapan Pilkada pada Tahun 2020,” tutupnya. (DN)

AWPI Pesawaran KPU Pesawaran Pilkada Pesawaran 2020

Posting Terkait