KPU Bersama Bawaslu Waykanan dan Parpol Rapat Pencermatan DPT

Way Kanan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan melaksanakan rapat pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bersama Bawaslu dan partai politik tingkat kabupaten Way Kanan di Aula Nuwa Demokrasi, Selasa (11/09).

Pada rapat tersebut,  komisioner KPU Refki Darmawan didampingi Ahmad Rohim Sidik dan Winston mengatakan, bahwa rapat hari ini menindaklanjuti tanggapan partai politik tingkat nasional dan rekomendasi Bawaslu RI tentang masih ditemukannya data pemilih ganda dalam DPT.

Baca Juga:  KPU Waykanan Gelar Sosialisasi Pilkada Lintas Sektor

Refki Menambahkan, Pencermatan bersama ini menindaklanjuti Surat Edaran 1033/PL.01.2-SD/KPU/IX/2018 tentang penyempurnaan DPT.

KPU Bersama Bawaslu dan Partai politik melakukan pencermatan data ganda dan data yang tidak memenuhi syarat (TMS). Untuk di lakukan verifikasi dan perbaikan data.

Selain itu, di tempat yang sama Ketua Bawaslu Way Kanan Yesi Karnainsyah, S.Sos mengatakan pencermatan bersama dalam rangka penyempurnaan Daftar Pilih Tetap (DPT) pada Pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten Way Kanan.

Baca Juga:  KPU Waykanan Tetapkan DPTHP

Bawaslu Kabupaten Way Kanan Merekomendasikan bahwa masih terdapat 4.557 Ganda NIK, 2.454 Ganda NIK dan Nama, 1.518 Ganda NIK, Nama, Tempat & Tanggal Lahir, serta  30 Tidak memenuhi syarat (TMS) karena meninggal dunia.

Menanggapi hal tersebut,  komisioner KPU Refki Darmawan mengatakan bahwa sejak diterimanya data ganda dari Bawaslu,  tepatnya hari minggu petang,  pihaknya telah menurunkan data tersebut kepada PPK dan PPS untuk dicermati,  dicari alamat sebenarnya dan di TMS kan salah satunya.

Baca Juga:  KPU Waykanan Rakor Dengan PPK dan PPS se-Blambanganumpu

Kegiatan verifikasi ini dilakukan secara intensif antara KPU dan PPK,  mencari by name pemilih ganda dan men TMS kan setelah mendapatkan informasi yang akurat. Tim operator Sidalih sejak 3 hari ini telah secara marathon siang malam mengkoordinasikan proses Pencermatan & penghapusan pemilih ganda. (*)

kpu waykanan

Posting Terkait