KPU Lampung dan Peserta Pemilu Sepakati APK

BANDARLAMPUNG – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung bersama peserta Pemilu 2019 menandatangani kesepakatan tentang alat peraga kampanye (APK) yang akan dipakai pada pemilu serentak di Aula KPU.

“Kalau APK yang difasilitasi oleh KPU, itu berupa baliho untuk tingkat provinsi dan spanduk di tingkat kabupaten/kota,” kata Antoniyus selaku Komisioner KPU Provinsi Lampung Bidang SDM, Selasa (2/10/2018).

Baca Juga:  Demi Kemajuan Lampung, Paslon Petahana Tidak Hadiri Pengumuman KPU

KPU dan peserta Pemilu 2019 menyepakati ukuran baliho yang akan digunakan 3×5 meter, sementara untuk spanduk berukuran 1×4 meter.

“APK tambahan yang dicetak oleh peserta pemilu, sesuai PKPU, bisa dicetak dengan ukuran maksimal 4×7 meter untuk baliho,” ujar Antoniyus.

Dan untuk setiap kelurahan atau desa, KPU hanya mengizinkan peserta pemilu memasang 5 buah baliho dan 10 buah spanduk, serta tayangan videotron 2 buah per kabupaten/kota.

Baca Juga:  Ridho BerBakhti Jilid II Nomor Urut Satu

“Untuk spanduk dan baliho yang dari KPU, pendanaannya bersumber dari APBN,” ujarnya.

Sesuai anjuran Bawaslu Lampung, KPU Provinsi Lampung dan peserta Pemilu 2019 juga menyepakati untuk tidak memberikan uang tunai kepada pemilih dalam setiap kegiatan kampanye.

Hal ini untuk menghindari adanya dugaan praktik politik uang.

“Soal pengganti biaya transport dan makan tidak lagi berbentuk uang tapi barang. Peserta pemilu boleh menyediakan mobil atau bis, dan memberikan voucher bensin,” katanya. (JN)

KPU Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan