KPU Lampung Siap Tindak Lanjuti Kasus Imer Darius

KPU Lampung. (ist)

BANDAR LAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung siap menerima aspirasi masyarakat terkait adanya dugaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lamsel memobilisasi masyarakat untuk mendukung caleg DPR RI Imer Darius di Pileg 2019 mendatang.

“Kalau mereka mau datang ke kantor untuk menyampaikan aspirasi, ya gak apa-apa, asalkan sesuai prosedur peraturan perundang-undangan. Karena, tugas dari KPU kan melayani,” kata Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Hukum, M. Tio Aliansyah, Kamis (29/11).

Pihaknya akan menindaklanjuti pemeriksaan PPK kemarin di rapat pleno rutin pada Senin (3/12).

“Nanti dibahas di rapat pleno rutin,”ucapnya.

Selain itu, ia menjelaskan, pihaknya  tidak menargetkan waktu untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Baca Juga:  Besok 4 Kandidat Pilgub Lampung Ikuti Undian Nomor Urut

“Kita melihat permasalahan ini, apakah ada pelanggaran kode etik atau tidak. Kalau pelanggaran kode etik, maka tidak ada batas waktu. Bahkan ketika orang tersebut masih menjabat sebagai penyelenggara, maka masih bisa ditindaklanjuti,” ucapnya.

Dilain sisi , jika Caleg tersebut terbukti atas dugaan memberikan uang ke pihak penyelenggara, dalam hal ini PPK, maka akan diproses oleh Bawaslu Lampung bersama Gakkumdu.

“KPU hanya menindaklanjuti dari Bawaslu saja,” ujarnya.

Selain itu, hal senada disampaikan oleh Iskardo P Panggar Komisioner Bawaslu Lampung bahwa pihaknya siap menerima aspirasi masyarakat Bumi Ruwa Jurai.

“Kita siap menerima setiap aspirasi warga masyarakat,” kata Komisioner Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar, Kamis (29/11).

Baca Juga:  KPU Lampung Sepakat Pemilihan Serentak Nasional dan Daerah Dipisah

Sebelumnya, Elemen masyarakat dari dua Kecamatan, Kalianda dan Rajabasa yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pro Rakyat Lampung (PRL) menggelar aksi di kantor KPUD Lampung Selatan, Kamis (29/11).

Dalam aksi itu, mereka mendesak KPUD dan Bawaslu Lampung Selatan mengusut tuntas adanya indikasi oknum PPK  memobilisasi masyarakat untuk mendukung salah satu caleg.

Koordinator aksi damai, Aqrobin saat berorasi meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) profesional dalam menerima laporan untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

“Kami akan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), jika dalam 1 minggu ini KPU tidak menindaklanjutinya,” katanya, Kamis (29/11).

Baca Juga:  Ridho BerBakhti Jilid II Nomor Urut Satu

Ia menyayangkan atas sikap KPU Lamsel yang terkesan melakukan pembiaran terkait kabar tersebut. Bahkan, KPU Lampung langsung turun tangan memanggil dan memeriksa PPK.

“Ada apa dengan KPU Provinsi Lampung yang turun langsung,” jelasnya.

Jika hal ini terbukti benar, maka pihak penyelenggara terkesan tidak netral dan mencederai ajang pesta  demokrasi lima tahunan tersebut. Oleh karena itu, ia meminta agar lembaga penyelenggara pemilu itu memanggil dan menindak oknum caleg tersebut.

“Diskualifikasi Imer Darius,” tegasnya.

Sementara itu, Perwakilan KPU Lamsel Mislamudin mempersilahkan para massa aksi untuk melaporkan ke DKPP.

“Jika ada bukti yang jelas silahkan laporkan ke DKPP,” ucapnya.  (TM)

Imer Darius KPU Lampung

Posting Terkait