KPU Lampung Gelar Dialog Peran Pers

BANDAR LAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menggelar diskusi pers dengan tema membangun keterbukaan tahapan pemilu serentak tahun 2019 di Bumi Ruwa Jurai, di aula pondok 12 pada Kamis (24/1).

Komisioner KPU Lampung divisi hukum, M.Tio Aliansyah menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi peran serta media dalam menyampaikan informasi terkait sosialisasi dan tahapan pemilu.

Baca Juga:  Publik Ragukan Integritas KPU Lampung

“Tanpa media, KPU tidak mungkin bisa maksimal dalam mensosialisasikan pemilu serentak pada 2019 mendatang,” kata Tio, Kamis (24/1).

Untuk memaksimalkan sosialisasi itu, kata dia, KPU kabupaten/kota se- provinsi Lampung telah membentuk relawan demokrasi untuk menjadi penyuluh di komunitasnya.

“Relawan demokrasi berasal dari 11 basis pemilih strategis diantaranya, keluarga, pemula, kaula muda, perempuan, disabilitas, berkebutuhan khusus dan kaum marjinal. Kemudian, basis komunitas, keagamaan, warga internet,” katanya.

Baca Juga:  Dugaan Penipuan Lilis, Polda: Penyidikan Tetap Berlanjut

Sementara itu, Komisioner KPU Lampung divisi sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat, Antoniyus menambahkan bahwa relawan demokrasi dapat memberikan pemahaman pemilih dengan rasional untuk melahirkan sosok pemimpin berkualitas.

“Tujuan lainnya untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pendidikan politik di daerah rawan konflik, bencana, tingkat partisipasi rendah, pedalaman dan rawan pelanggaran pemilu.

Baca Juga:  KPU Lampung Coret Dua Caleg

“Kita (KPU) juga akan goes to campus di berbagai perguruan tinggi di Lampung,” ungkapnya. (*)

KPU Lampung Peran Pers

Posting Terkait