KPU Pertahankan 3 Caleg Tertangkap KPK

Ketua KPU Provinsi Lampung, Nanang Trenggono. (Ist)

BANDAR LAMPUNG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap empat anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah kemarin malam. Tiga dari empat anggota dewan tersebut tercatat maju kembali sebagai calon anggota legislatif (caleg) di pileg 2019.

Ketiga anggota DPRD Lampung Tengah yang maju di pileg 2019 ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK adalah Ketua DPRD Achmad Junaidi Sunardi dari Partai Golkar, anggota dewan Zainuddin dari Partai Gerindra, dan anggota dewan Raden Zugiri dari PDI Perjuangan.

Baca Juga:  DKPP Periksa KPU Kabupaten Pesisir Barat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung, Nanang Trenggono, menyatakan ketiga caleg yang maju dari dapil tujuh Lampung nantinya tidak akan ditetapkan sebagai caleg terpilih apabila pengadilan sudah mengeluarkan keputusan berkekuatan hukum tetap.

“Suara yang masuk nantinya akan masuk perhitungan suara partai politik. Namun KPU juga tidak akan mencoret nama ketiganya dari surat suara dan tetap muncul dalam iklan kampanye,” kata Nanang, Kamis (31/1).

Baca Juga:  KPU RI Tetapkan 7.968 Caleg

Sementara, Ketua Bidang Hukum dan Perundangan DPD PDIP Lampung, Watoni Nurdin, mengaku tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah atas penangkapan Raden Zugiri oleh KPK.

“Partai hanya akan melakukan pengganti antar waktu (PAW) apabila dalam proses hukum Raden Zugiri, KPK menemukan dua alat bukti yang kuat,” tukas Watoni. (*)

 

Caleg KPU

Posting Terkait