KSKP Bakauheni Amankan Ribuan Burung Asal Jambi

Jepri | Fajar Sumatera

KALIANDA – Polres Lampung Selatan (Lamsel) bersama Karantina Pertanian Kelas 1 Bandarlampung Wilker Bakauheni dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni berhasil mengamankan ribuan ekor burung berbagai jenis asal Jambi di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, sabtu (14/12)

Kapolres Lampung selatan AKBP. Edi Purnomo mengatakan ribuan burung tersebut diangkut menggunakan kendaraan minibus milik pribadi dengan modus mengganti plat nopol jenis kijang inova yang sudah di modifikasi untuk mengelabui petugas dengan tujuan pengiriman dibawa ke jakarta.

Baca Juga:  Polres Lamsel Gelar Coffee Morning dengan Jurnalis

“Jumlah burung yang diketahui ada sekitar 1.182 ekor, Jadi setelah kita telusuri ternyata ribuan ekor burung ini diduga berasal dari daerah jambi dan akan dibawa menuju ke jakarta,” Ucap AKBP Edi Purnomo.

Selanjutnya, AKBP. Edi Purnomo menuturkan burung-burung tersebut diamankan pada saat melakukan pemeriksaan, ternyata ribuan ekor burung ini tidak dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang sah baik itu Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), maupun izin angkut satwa dan tumbuhan dalam negeri.

Baca Juga:  Polres Lamsel Implementasikan Program Penghijauan

“Selanjutnya kami akan lakukan koordinasi dengan karantina dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk dilakukan langkah-langkah berikutnya kalau mungkin dilakukan penegakkan hukum ataupun dilakukan pembinaan terhadap pelaku karena ada beberapa jenis burung yang dilindungi,” Lanjut Mantan Kapolres Mesuji tersebut.

Adapun Jenis burung yang diamankan yakni diantaranya ada Beo, Cililin, Betet, Prenjak, Pleci , Kolibri muncang, cucak jenggot, cucak ijo, cucak ranting, poksay, srindit, jalak kebo, kepudang emas. (JEP)

Burung KSKP Bakauheni Polres Lamsel

Posting Terkait