Lambar Gelar Diklat Keterampilan Bagi Pencari Kerja

Pemkab Lampung Barat menggelar Pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja. (Ist)

 

Liwa – Asisten III Bidang Adminstrasi Umum Gunawan Rasyid SH, secara resmi membuka Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017, yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal PTSP Dan Tenaga Kerja, di Balai Latihan Kerja Lampung Barat, Jumat (07/04). Turut hadir OPD dan Peserta serta Narasumber Pendidikan dan Pelatihan sebanyak 20 orang.
Dalam sambutannya, Asisten III menyampaikan ucapan selamat datang di bumi beguai jejama sai betik kepada saudara instruktur pelatihan dari balai latihan kerja way abung, dan seluruh peserta diklat yang datang dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Lambar.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Urusan Ketenaga kerjaan merupakan urusan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh pemda kabupaten.
Masalah ketenaga kerjaan adalah masalah yang sangat pokok dalam bangsa ini, bahkan erat kaitannya dengan program-program pemerintah. Sementara bagi pemerintah daerah, hal ini merupakan urusan wajib dan salah satu masalah yang krusial dalam bidang ketenaga kerjaan, yakni masalah pengangguran.
Oleh karena itu, pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di kabupaten lampung barat ini dilaksanakan dengan dasar suatu pemikiran bahwa para pencari kerja maupun penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya adalah tanggung jawab pemerintah dan semua pihak.
Tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja yang terus bertambah secara signifikan setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya tingkat kelulusan dari berbagai strata tingkat pendidikan,baik tingkat menengah atas hingga perguruan tinggi adalah sebuah tantangan dan pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah kabupaten Lambar”, Ungkapnya.
Terkait terbatasnya lowongan kerja, sehingga penyerapan tenaga kerja terbatas, menuntut pemerintah harus kreatif menelurkan program-program yang berbasis ekonomi, life skill atau program lainnya guna menekan angka pengangguran.
Berkaitan dengan kondisi inilah, pemkab lampung barat melalui dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu dan tenaga kerja menganggap, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yakni para pencari kerja, sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja kita dalam penguasaan keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari nafkah melalui bekerja atau membuka usaha sendiri”, Jelasnya.
Untuk itu, pemerintah berupaya menggulirkan program-program ketenaga kerjaan yang tentunya disesuaikan dengan kekuatan anggaran pemerintah kabupaten. salah satu upaya  untuk mengatasai problematika sebagaimana disebutkan di atas adalah dengan memberikan pembekalan kepada para pencari kerja sehingga mereka lebih siap bersaing di pasar kerja. oleh karena itu peningkatan keterampilan bagi pencari kerja ini memiliki arti yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang maju, mandiri, profesional dan kompetitif terhadap perkembangan zaman.
“Kepada para peserta pendidikan dan pelatihan ketrampilan ini, saya berpesan belajarlah dengan sungguh-sungguh, seraplah ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber/instruktur, tingkatkan kualitas keterampilan yang saudara miliki agar nantinya dapat memperoleh pekerjaan atau bahkan dengan membuka usaha sendiri. Galilah ilmu dari para instruktur seluas-luasnya agar bisa mendapatkan bekal untuk selanjutnya mampu dan siap bersaing di pasar kerja.  jangan sia-siakan kesempatan yang ada ini, karena anda sekalian termasuk orang-orang yang beruntung dapat mengikuti kegiatan ini”, Pintanya.
Kepada panitia, laksanakanlah tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, tingkatkan koordinasi dan bimbinglah para peserta agar mereka memahami hak dan kewajiban yang harus mereka jalankan.
“Kemudian kepada para instruktur, saya mengucapkan terima kasih atas kesediannya menularkan ilmu bagi para pemuda-pemuda lampung barat.  dan para peserta ini kelak mereka dapat menjadi manusia-manusia yang berhasil dan sukses dalam kehidupannya”, Tutupnya.
(Fb)

922 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Baca Juga:  Mukhlis Basri Lantik 5 Peratin

Diklat Life skill Lampung Barat Liwa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan