Lampung Barat Raih Prestasi Lomba Kopi Tingkat Nasional

Yogyakarta – Lampung Barat kembali raih prestasi pada kontes Kopi Spesialty Indonesia ke-10 yang dilaksanakan di Kampung Jago, Filosopi Kopi, Sleman Yogyakarta, pada 17-19 Oktober 2018.

Menurut Kabag Humas Protokol Setdakab Lambar, Burlianto Eka Putra S.H, Kontes tersebut telah diadakan sejak tahun 2008 oleh Pranoto Soenarto selaku Vice Chairman Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Baca Juga:  Hari Otda 2018, Lampung Barat Nilai Tertinggi Penyelenggaraan Pemerintahan

Setiap tahun Pranoto bersama ahli kopi lainnya mencicipi kopi-kopi terbaik khas Indonesia dan setiap juri menilai kualitas kopi tanpa mengetahui dari mana kopi tersebut berasal dan akan di umumkan pada akhir acara.

Dari perlombaan tersebut, putra daerah atas nama Jamaludin yang berasal dari Talang Panjang, Kecamatan Gedung Surian, membuktikan produk unggulan Kabupaten Lampung Barat dan bersaing dengan 190 kontestan lain yang berasal dari seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Festival Kopi Lambar Ajang Kumpul Penggiat Kopi Nusantara

Ia memperoleh Juara ke III dalam kontes tersebut, Kopi yang disuguhkan untuk para juri merupakan Kopi Robusta Liwa varietas Tugu Sari Honey Proses yang memperoleh nilai score cupping 88,38 sebagai kopi spesialty Indonesia.

“Kemenangan Jamaludin diharapkan dapat memacu semangat para petani Kopi di Lampung Barat agar tetap meningkatkan kualitas serta daya saing Kopi Robusta agar dapat mempertahankan cita rasa yang dihasilkan kopi tersebut.

Baca Juga:  Pekan Literasi Lampung Barat Digelar

Karena dengan kualitas kopi yang unggul maka akan meningkatkan harga jual kopi sehingga membantu perekonomian para petani dan tentunya kembali lagi ke slogan Kabupaten Lampung Barat yakni, Indonesia Negeriku, Lampung Barat Kopiku”, jelasnya. (Fb)

Lampung Barat Lomba Kopi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan