Lampung Bersiap Bandara Radin Inten II Jadi Embarkasi Haji Penuh

BANDARLAMPUNG – Kementerian Agama (Kemenag) RI, meyakini Bandara Radin Inten II Natar Lampung Selatan, bisa menjadi bandara dengan embarkasi penuh di tahun 2018.

Pasalnya, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, secara keseluruhan mencapai 80 persen.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Ahda Barori, menjelaskan, jamaah haji asal Lampung merupakan salah satu yang terbanyak. Untuk hal tersebut, dibutuhkan pesawat jenis embarkasi yang ada di Jakarta.

“Sementara ini memakai tipe boeing 777 (triple seven) dengan 310 kapasitas penumpang. Nanti kalau kedepan semua syarat sudah selesai dengan berbagai pertimbangan sudah terpenuhi kloter jamaah haji Lampung tetap besar,” papar Ahda, di Ruang Pusiban, Komplek Pemprov Lampung, Senin (15/5).

Baca Juga:  Bandara Radin Inten II Tuntaskan Penerbangan Jemaah Haji

Terkait apakah pemerintah pusat memberikan tenggat waktu penyelesaian, Ahda mengaku, hal itu tidak ada. “Ini seperti mengerjakan soal dalam ujian, ketika selesai maka kami berikan sertifikat kelulusan. Sama halnya dengan embarkasi bandara. Asrama dan bandara itu syarat utama,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Pemprov Lampung, sudah bersiap menjadikan Bandara Radin Inten II, sebagai embarkasi haji penuh tahun 2018 mendatang. Bahkan, sejumlah prasarana dan sarana bandara dan asrama haji dilakukan revitalisasi, untuk memenuhi persyaratan pendukung embarkasi haji penuh.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Pimpin Penerbangan Perdana Internasional Lampung-Malaysia

Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra, Heri Sulisyanto, mengatakan, bahwa Lampung merupakan embarkasi haji terbaik dari Kementerian Agama. “Beberapa persyaratan untuk embarkasi penuh pun telah terpenuhi, persyaratan itu diantaranya syarat administrasi dan kuota haji,” kata Heri.

Sementara untuk fasilitas asrama, sejauh ini sudah terlaksana 80 persen. “Untuk fasilitas asrama, saat ini kita telah memiliki 600 kamar, untuk menuju sempurna kita butuh 900 kamar. Tahun depan dari Kementerian juga akan membangun 3 lantai setaraf bintang 3 untuk 400 kamar,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Pemprov Lampung, telah membentuk Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH). PPIH dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor G/236/B.03/HK/2017 tanggal 5 Mei 2017 tentang Penunjukan Petugas Haji Daerah Provinsi Lampung.

Baca Juga:  Bandara Internasional Harapan Kejayaan Pertanian & Pariwisata Lampung

Selain itu  Surat Keputusan Gubernur Nomor G/250/B.03/HK/2017 tanggal 5 Mei 2017 tentang Penunjukan Petugas Haji Daerah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung Tahun 2017.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama tentang penetapan Kuota Haji Tahun 1438 H/ 2017 M, Provinsi Lampung mendapat  Kuota Haji sebesar 7.074 Orang,  dengan rincian 7.020 jemaah dan 54 orang TPHD.

Diestimasikan jumlah kloter tahun 2017 sebanyak 18 kloter dengan 1 kloter didampingi oleh 5 petugas kloter. Total jumlah petugas kloter sebanyak 90 orang. Sehingga jumlah jamaah haji Provinsi Lampung tahun 2017 sebanyak 7.164.(ZN)

Bandara Radin Inten II Emarkasi haji

Posting Terkait