Lampung Pelopor Pemakaian Aplikasi e-Planning dan e-Budgeting

BANDAR LAMPUNG – Provinsi Lampung  menjadi pelopor nasional implementasi integritas aplikasi e-Planning dan e-Budgeting dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota. Memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung terkait kerjasama implementasi integritas aplikasi e-Planning dan e-Budgeting ditandatangi  beberapa bulan lalu.

“Lampung menjadi Provinsi pertama yang melakukan MoU bersama Pemerintah Kabupaten/kota tentang kerjasama implementasi integritas aplikasi E-Planning dan E-Budgetin. Bahkan Lampung menjadi rujukan bagi daerah lain,”  kata Pj. Sekretaris Daerah Hamartoni Ahadis saat menghadiri review implementasi dan TOT Aplikasi E-Palnning dan E- Budgeting Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung Rabu, (07/11/2018).

Baca Juga:  3.232 Anak se-Lampung Terima Tabungan Sosial Anak

Hamartoni juga menyampaikan Pemerintah Provinsi Lampung mengImplementasikan aplikasi e-planning dan e-budgeting yang terintegrasi dalam perencanan dan pengelolaan keuangan daerah. Pogram yang mulai diterapkan pada Tahun Anggaran 2019  ini merupakan salah satu upaya pelaksanaan  E-Goverment secara kongkrit.

“Dalam hal ini sebagai perwakilan Pemerintah  Pusat di daerah, Pemerintah Provinsi Lampung juga berperan membina Kabupaten/Kota, dan memastikan program ini dapat di aplikasikan dan dijalan kan di setiap Kabupaten/Kota,” kata Hamartoni.

Baca Juga:  Pemprov dan DPRD Lampung Sepakati Nota KUA PPAS APBD 2019

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Lampung, Minhairin menjelaskan tujuan review implementasi dan TOT Aplikasi E-Palnning dan E- Budgeting ini untuk menogordinasikan secara langsung perkempangan implementasi dari aplikasi yang dimaksud. Dengan pembinaan yang dilakukan pada hari ini diharapkan aplikasi ini dapat segera diimplementasikan di seluruh Kabupaten/Kota.

“Saat ini tercatat ada enam daerah yang menerima aplikasi ini yaitu Kabupaten Pesawaran, Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro. Sedangkan kabupaten lain direncanakan segera menyusul,” kata Minhairin

Baca Juga:  Gubernur Ridho Tawarkan Agroindustri Lampung ke Jerman

Kegiatan ini dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan yang baik. Terutama terkait sistem perencanaan dan sistem penganggaran. Kegiatan ini dihadiri seluruh perwakilan Kabupaten/Kota se–Provinsi Lampung yang berkompeten dalam bidang perencanaan dan pengelolaan anggaran. (rls)

Aplikasi e-Budgeting Aplikasi e-Planning Pemprov Nov

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan