Lampung Sentra Ikan Air Tawar

Ilustrasi. (Ist)

BANDARLAMPUNG—Pemerintah Provinsi Lampung berupaya mempercepat terwujudnya Lampung sebagai sentra produksi ikan air tawar di kawasan Indonesia Bagian Barat. Target ini seiring dengan telah diluncurkannya Kawasan Minapolitan oleh Gubernur Lampung di Lampung Timur beberapa waktu lalu.

Direktur Utama PT Wahana Rahardja Idrus Efendi menuturkan, Lampung memiliki potensi besar sebagai sentra ikan air tawar, karena memiliki tiga sungai besar serta memiliki banyak embung.

Menurut dia, lahan Minapolitan Pasirsakti merupakan lahan milik Pemerintah Provinsi Lampung yang sebelumnya pernah tereksploitasi dan membutuhkan revitalisasi. Di kawasan ini sudah terdapat penanaman 10 unit keramba ikan.

“Kita perlu mendorong kawasan minapolitan tersebut menjadi lebih tertib. Sehingga, Lampung mampu menjadi sentra ikan air tawar. Setelah Lebaran, kami akan menambah 20 unit keramba ikan dan akan melakukan pendalaman 10 sampai 15 meter,” kata dia dalam Rapat Rencana Penataan Lahan Minapolitan Pasir Sakti Lampung Timur, Rabu (31/5).

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Adeham menjelaskan, sejauh ini Kawasan Minapolitan sudah dilaksanakan di lima kabupaten. Yaitu, Pesawaran, Tulangbawang, Lampung Timur, Pesisir Barat dan Bandarlampung.

Dalam penataan lahan Minapolitan Pasirsakti, Lampung Timur seluas kurang lebih 150 hektare, Pemprov dengan bekerja sama dengan PT Wahana Raharja akan membangun jalan akses selebar 4-6 meter, lima hektare lahan untuk hutan bambu dan 20 hektare untuk pusat industri perikanan, serta pemanfaatan untuk kawasan agrowisata.

Ketua APCI Lampung Aribun Sayunis menilai, saat ini, Jatiluhur dan Cirata sedang mengalami penurunan produksi ikan. Padahal selama ini, kedua daerah itu merupakan salah satu pemasok di Jabodetabek.

“Ini merupakan kesempatan bagi Provinsi Lampung untuk mengambil alih dalam sentra ikan air tawar tersebut. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait harus bersinergi untuk menyukseskannya,” kata dia.(*)

Posting Terkait