Lampung Siap Ekspor 1.500 Kambing per Bulan

ist

KOTAAGUNG—Provinsi Lampung punya potensi besar dalam pengembangan kambing jenis saburai. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan internal, pengembangan kambing saburai juga sudah dilirik oleh negara di kawasan Asia Tenggara.

“Peternak kambing di Lampung siap untuk mengekspor kambing sebanyak 1.500 ekor per bulan, jika keran pasar ekspor dibuka,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan  Peternakan Provinsi  Lampung Dessy D Romas, Rabu (25/4).

Ia menjelaskan, kambing saburai merupakan kambing unggulan Lampung yang merupakan persilangan antara peranakan etawa (PE) dengan kambing boer. Kambing saburai memiliki postur tubuh yang tegap dan besar dengan bobot yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk ekspor.

Menurutnya, negara tetangga seperti Malaysia dam Brunai Darussalam merupakan potensi pasar ekspor kambing saburai.

Sebelumnya, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini mengunjungi peternak kambing saburai di Tanggamus, Selasa (24/4).

Badan Karantina berkomitmen akan melakukan pendampingan jika ternak kambing saburai di Provinsi Lampung sudah dapat diekspor melalui “inline inspectio” dan pemberian sertifikasi jaminan kesehatan.

Ia menjelaskan meskipun kebijakan pemerintah saat ini tentang daging kambing masih untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun tidak menutup kemungkinan jika peternakan kambing saburai terus berkembang, pasar ekspor akan terbuka.(*)

786 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

ekspor kambing saburai lampung kambing saburai lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan