Lampung Siap Jadi Ibu Kota Negara

Ilustrasi. (Ist)

BANDARLAMPUNG—Kalangan pengamat menilai Provinsi Lampung memiliki posisi strategis sebagai alternatif ibu kota Indonesia. Selain memiliki potensi ekonomi yang besar, berbagai proyek infrastruktur yang sedang berjalan menjadikan Lampung lebih siap dibanding daerah lain.

“Lampung memiliki lokasi strategis. Apalagi Pemerintah Provinsi Lampung sudah menyiapkan infrastruktur. Disamping Bandara Internasional Radin Intan yang menjadi bandara alternatif untuk menghadapi kejenuhan, Pelabuhan Panjang jadi pelabuhan internasional,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan dalam Forum Group Diskusi (FGD) “Kajian Lampung Senagai Alternatif Ibu Kota Republik Indonesia” di Hotel Emersia, Bandarlampung, Selasa (15/8).

Kemudahan akses udara, laut dan darat harus dicapai jika ingin menjadikan provinsi Lampung sebagai ibu kota negara. Lampung juga dinilai memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

“Penerbangan ke luar negeri sudah dibuka, bahkan sudah digagas penerbangan Lampung-Singapura. Saat ini, sudah ada 150 trip sehari penerbangan,” kata dia.

FGD di Hotel Emersia yang diinisiasi Ketua Yayasan Alfian Husin, Andi Desfiandi. FGD itu untuk membahas secara detail keunggulan dan kekuatan Lampung jika dijadikan ibu kota pemerintahan RI.

Andi mengatakan, ada beberapa aspek yang ada di Lampung sangat mendukung untuk menjadi alternatif ibu kota RI daripada Kalimantan Tengah (Palangkaraya). Jika dilihat dari sisi infrastruktur, ada bebrapa sektor yang sudah menuju memadai. Seperti saat ini sedang dibangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Kemudian, pengembangan double track lajur kereta api.(*)

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan