Lamteng Prospek Bawang Merah

Gambar Ilustrasi (Ist)
GUNUNGSUGIH, FS—Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung kembali melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah untuk menindak lanjuti pengembangan agro bisnis bawang merah. BI menilai wilayah Lamteng memiliki potensi bagus untuk pengembangan bawang merah.
Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Sopyan mewakili Pemkab Lamteng mengatakan, sektor pengambangan bawang merah di Lamteng sangat direspon masyarakat dan memiliki potensi besar jika mampu dikembangkan secara baik.
“Program ini sangat baik di Lampung Tengah dan mempunyai potensi. Salah satunya telah di uji coba di kecamtan Kota Gajah dan Seputih raman tahun 2016 lalu dengan bantuan BI,”ujarnya.
Dalam upaya pengembangan bawang merah, BI akan memberikan pembelajaran tentang budidaya bawang merah terhadap petani, untuk meningkatkan produksi.
“Rencananya BI akan mengrim petani untuk magang dalam pengembangan bawang merah di Jawa. Agar mereka bisa mandiri dalam mengelola usaha bawang merah, karena Lampung Tengah sangat ideal untuk pengembangan bawang merah,” bebernya.
Dengan adanya pelatihan petani bawang merah diharapkan masyarakat bisa lebih kreatif dalam usaha dan bercocok tanam. Ini juga salah satu bentuk terobosan diversifikasi pertanian dalam rangka mengatasi gejolak harga komoditi seperti singkong di Lamteng.
“Saat ini BI akan memfokuskan dua kecamatan tersebut sebagai sampelnya.Setelah itu nanti akan ditularkan ke kecamatan lainnya. Ini peluang usaha yang perlu kita lanjutkan. Siapa tahu sentral bawang merah bisa menjadi andalan Lampung Tengah,”pungkasnya.(JJ)

300 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment