Lapas Kelas II A Metro Deklarasi WBK

Metro — Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA kota Metro gelar Acara Deklarasi janji kerja Tahun 2021 dan penanganan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Aula Lapas kelas IIA Metro, Senin (22/02/21).

Kegiatan acara yang mengambil tema “Kumham lebih pasti” dihadiri oleh Ka Kanwil Kemenkumham Provinsi Lampung, Plh Wali kota Metro yang diwakili Asisten I bidang pemerintahan Ridwan, Kepala Ombusdman Provinsi Lampung yang diwakili Atika Mutiara selaku kepala keasistenan pencegahan maladministrasi, Wakapolres kota Metro, Kejaksaan Negeri kota Metro diwakili kasi Pidum, BNN kota Metro, Ka Lapas Kelas IIA kota metro, Kepala Bapas Kelas IIA Kota Metro, Plt Rupbasan Kelas IIA Kota Metro, beserta jajaran dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ridwan mengatakan Pemerintah kota Metro mengapresiasi diselenggarakannya acara ini, kegiatan Pencanangan ini agar dapat melakukan perbaikan secara nyata dimasa mendatang sebagai sebuah landasan kokoh dimasa mendatang untuk mewujudkan hukum berkeadilan dan berhati nurani sesuai harapan masyarakat.

“Terlebih saat ini kita sedang berupaya untuk mewujudkan masyarakat Madani dan menciptakan tata pemerintahan yang baik di kota Metro Bumi Sai Wawai ini. Zona integritas adalah predikat yang di berikan kepada instansi dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBBM melalui reformasi dan birokrasi, khususnya peningkatan pelayanan publik,” paparnya.

“Keberhasilan pembangunan zona kapasitas kualitas integritas ditentukan oleh zona kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari lembaga tersebut, Pemerintahan kota Metro tentunya mengapresiasi lapas kelas IIA yang melaksanakan kegiatan ini, hal ini agar membawa dampak positif terhadap pemerintah kota Metro,” jelasnya.

“Pencanangan ini bagi kita tidak hanya bermakna kepada penguatan komitmen untuk membangun zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih melayani, tetapi merupakan langkah penting kita untuk membangun kesadaran dan tekad bersama agar kerja reformasi dan birokrasi kota Metro dapat dilaksanakan secara efektif, terpadu dan terintegritas, Pemerintah kota Metro sangat mendukung agar zona integritas wilayah menuju WBBM dapat kita wujudkan lebih optimal,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA kota Metro Mulyana menjelaskan,
dalam rangkaian tahap kegiatan pembangunan dalam Rangka perubahan menuju satuan WBK WBBM, yang memang pembangunan dengan di awali pencanangan perubahan dan selanjutnya membangun perubahan yang ada di Lapas Metro.

Ada enam area dimintakan kepada kita dalam rangka membangun satuan berzona integritas menuju WBK dan WBBM, terkait dengan perubahan manajemen perubahan penataan tata laksana, kemudian penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan kualitas layanan publik, dan diarea itulah yang akan kita bangun semoga harapan kita inilah yang akan lebih baik.

“Untuk itu kita meminta dukungan semua pihak, karena ini bukan hal yg mudah tapi kami akan berusaha dan bekerja keras untuk melakukan perubahan agar memberikan pelayanan baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Mulyana, lapas Metro ditahun 2018 sudah mendapat predikat WBK yang kemudian berusaha mengajukan diri menjadi satuan kerja WBBM yang diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Dan kita berharap lapas metro di tahun 2021 ini dapat memperoleh predikat WBBM, namun bukan semata-mata predikat yang kita kejar, tapi adalah bagaimana kita dapat mewujudkan, merealisasikan sebagai satuan kerja instansi pemerintah yang bisa memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya.(Rls/Rere)

Posting Terkait