Lapas Metro Beri Remisi Narapidana dan Anak

Metro–Lapas kelas IIA kota Metro berikan remisi bagi narapidana umum dan anak dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tahun 17 Agustus 2021, Selasa (178/21).

Bertepatan dengan Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” Lembaga pemasyarakatan LAPAS Kelas IIA kota Metro mengikuti secara virtual upacara pemberian remisi bagi narapidana umum dan anak oleh Direktorat Jendral kementerian hukum dan hak asasi manusia dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 17 Agustus 2021.

Pemberian remisi bagi narapidana umum dan anak di lembaga pemasyarakatan kelas IIA Kota Metro adalah berupa pengurangan masa tahanan bagi narapidana yang sedang menjalani masa tahanan di lembaga pemasyarakatan. Pemberian remisi merupakan sebuah apresiasi negara atas pencapaian positif yang sudah menjalani pembinaan dirumah tahanan lembaga pemasyarakatan.

Kepala lembaga pemasyarakatan kelas IIA kota Metro, Muhammad Mulyana Menjelaskan ada sebanyak 418 Narapidana yang memenuhi syarat yang diusulkan untuk mendapatkan remisi dalam Rangkah HUT RI ke-76 Tahun 2021 ini.

“Yaitu remisi umum I (RU 1) Kriminal sebanyak 323 (tiga ratus dua puluh tiga ) orang, Remisi umum I (Narkoba) PP 99 Sebanyak 82 orang, dan Remisi umum II (Narkoba) PP 99 Sebanyak 13 (tiga belas ) orang, jumlah keseluruhan sebanyak 418 orang yang mendapatkan Remisi,” paparnya.

Lanjut Mulyana, “untuk Remisi umum II yaitu ketika setelah mendapatkan pengurangan masa tahanan, atau sudah habis masa pidananya dan seharusnya bisa pulang, tetapi karena ada denda yang tidak dibayar hingga dia harus menjalani kurungan pengganti denda. Karena kalau kurungan itu tidak bisa dikurangkan karena remisi, sesuai dengan isi putusan Hakim,” terang Mulyana.

Pemberian remisi berlangsung di Aula Lapas kelas IIA kota Metro dengan menerapkan protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan acar tersebut Kepala lembaga pemasyarakatan kota Metro Muhammad Mulyana beserta jajaran, Sekda kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo, Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun, Kepala Badan Kesbangpol kota Metro Rosita, Komandan Koramil 411-02 /Metro Utara Kapten Inf Hery Saputra serta para undangan lainnya.(Rls/Rere)

Posting Terkait