Laporan Walhi Lampung Soal Dugaan Aktivitas Ilegal PT Dataran Bahuga Diterima KLHK

Laporan Walhi Lampung Soal Dugaan Aktivitas Ilegal PT Dataran Bahuga Diterima KLHK

Laporan Walhi Lampung di Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK. Dokumen: Walhi Lampung.

Fajar Sumatera – Wahana Lingkungan Hidup [Walhi] Lampung secara resmi melayangkan laporan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK].

Laporan yang disampaikan itu berkait dengan aktivitas PT Dataran Bahuga Permai yang terindikasi melakukan pelanggaran.

Poin-poin yang diduga dilanggar ialah berkaitan dengan tidak adanya izin atau dasar untuk melakukan aktivitas –yang diduga telah merusak kawasan hutan mangrove. Lokasi aktivitas itu terjadi di Desa Bakauheni, Lampung Selatan.

Baca Juga:  Polda Lampung Gelar Rapim Cooling System

Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri menyatakan laporan tersebut telah diterima. Laporan itu ditujukannya ke Direktorat Jenderal Penegakan Hukum pada KLHK.

“Hari ini Walhi melaporkan langsung tentang persoalan yang menyangkut dugaan aktivitas ilegal PT Dataran Bahuga Permai ke Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK,” terangnya kepada Fajar Sumatera, Jumat, 23 Oktober 2020.

Irfan Tri Musri mengatakan bahwa laporan itu telah diterima. Klaim Irfan ini dibuktikan dengan lampiran foto serah terima berkas laporan di KLHK.

Baca Juga:  Polda Lampung Ringkus Pembuat Uang Palsu

Usai laporan diterima, lanjutnya, idealnya KLHK akan melakukan telaah yang diikuti dengan penelusuran ke lokasi yang dimaksudkan Walhi di dalam laporannya.

“Dan kemudian dengan sendirinya KLHK akan menindaklanjuti laporan itu. Kemungkinan KLHK akan melakukan peninjauan lapangan sesuai dengan prosedur dari tindak lanjut laporan kita yang sudah diterima,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Walhi Lampung bukan kali ini membuat laporan berkait dengan persoalan tadi. Walhi juga sudah melayangkan laporan resmi sebanyak dua kali ke Polda Lampung. Namun, laporan tersebut belum dapat diterima oleh Polda Lampung.

Baca Juga:  WALHI Lampung: Perda Zonasi Pesisir dan Pulau Kecil Tidak Perlu Di revisi

Baca ulasan tentang laporan Walhi yang belum diterima Polda di sini: Laporan Walhi Lampung Dimentahkan

Dalil penolakan itu didasarkan pada kegiatan Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Lampung yang tengah berlangsung. DLH Lampung dinyatakan Polda telah melakukan penyelidikan yang didasarkan pada surat yang dikeluarkan oleh Sekda Lampung Fahrizal Darminto.

Reporter: Yunus & Ricardo

KLHK Mangrove Polda Lampung PT Dataran Bahuga Permai PT Tri Patria Bahuga Walhi Lampung

Posting Terkait