Lomba Berbalas Pantun Lestarikan Budaya Lampung

Dharma Wanita Lambar menggelar lomba berbalas pantun di ruang Rapat Kagungan Pemkab Lambar, Liwa, Kamis (13/9/2018).

LIWA – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018, Dharma Wanita Lambar menggelar lomba berbalas pantun di ruang Rapat Kagungan, Kamis (13/09).

Dalam laporannya Ketua Panitia Ny. Dewi Adi Utama menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati HUT kabupaten Lambar ke 27 sekaligus untuk mensosialisasikan dan melestarikan budaya Indonesia pada umumnya dan budaya Lampung pada khususnya.

Selanjutnya peserta pada lomba berbalas pantun berasal dari Organisasi Perangkat Daerah, pelajar tingkat SMP sederajat dan masyarakat seputaran Kecamatan Batu Brak, Balik Bukit serta Sukau. Untuk tim juri pada lomba tersebut terdiri dari tiga orang yaitu Munhamir, Anton Sabara, dan Musanip.

Baca Juga:  Budaya Lampung Harus Lebih Diexplore Lagi

Ketua Penasehat Dharma Wanita Persatuan Lambar Ny. Partinia Parosil menyambut gembira dengan dilaksanakannya lomba berbalas pantun ini, karena pada hakekatnya kegiatan ini merupakan bentuk peduli kita terhadap budaya yang ada di Indonesia.

Pihaknya berharap kepada peserta lomba agar dapat lebih antusias mengikuti lomba.

“Kita menyadari bahwa banyak sekali kekayaan tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan kita perlu memperkenalkan kepada generasi penerus bahwa itu semua merupakan warisan dari leluhur yang perlu dipertahankan,” ujarnya.

Baca Juga:  Dendi Ramadhona: Lestarikan Budaya Demi Persatuan

Sementara itu Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekdakab Lambar Ir. Natha Djudin Amran menambahkan bahwa para anggota Dharma Wanita tidak hanya dituntut memahami perkembangan yang terjadi di dalam negeri, namun harus memahami pula perkembangan lain juga yang terjadi di seluruh belahan bumi Nusantara ini.

Perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan dunia seolah menjadi tanpa batasan. Kita dapat mengetahui apa yang terjadi di dunia ini dalam hitungan detik, karena hal ini bisa memberikan informasi-informasi yang sangat mudah dicerna dan didapat dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Baca Juga:  Serial Dokumenter ‘Tapak Lampung’ Diluncurkan

“Lomba berbalas pantun tentunya adalah suatu rangkain yang tersusun indah serta mengandung makna yang bagus dan perlu di kembangkan lebih luas khususnya untuk anak-anak sekolah”, harapnya.

Untuk diketahui, pemenang lomba Juara I berbalas pantun tingkat pelajar ini adalah SMP Negeri 1 Sukau, Juara ll SMP Negeri 3 Liwa dan Juara lll SMP 3 Liwa. Kategori masyarakat Juara I Pekon Sebarus, Juara ll Pekon Awi dan Juara lll Pekon Way Mengaku. Untuk kategori OPD Juara l Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Juara ll Dinas Kesehatan serta Juara lll dari RSUD Alimuddin Umar. (FB)

Budaya Lampung Lomba Berbalas Pantun

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan