Mahasiswa UBL Raih Medali Emas Pusri Palembang Open XX 2017

Ilustrasi. (Ist)

BANDARLAMPUNG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulu Tangkis Universitas Bandar Lampung (UBL) menorehkan prestasi ditingkat regional Sumatera.
Alex Kurniawan Effendi, atlet-mahasiswa beasiswa Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik (FT) UBL, kembali berjaya meraih medali emas, juara I ganda putra dikejuaraan bulu tangkis Pusri Palembang Open XX 2017, yang di ikuti Wilayah Sumatera.
”Semua berangkat dari niat, menjunjung nilai sportivitas, kerja keras, pantang menyerah, dan yakin menjadi juara,”akunya.
Tak lupa Alex mengapresiasi peran UBL bersama UKM Bulu Tangkis-nya, dalam mengakomodir bakat dan talenta para atlet-mahasiswa UBL berbuah prestasi, bahkan disaat penerimaan mahasiswa baru.
“Selain data akademik, pertimbangan (penerimaan) masuk kesana (UBL), yakni menyertakan sertifikat (prestasi) non akademik, salah satunya olahraga. Berkat polesan pelatih dikampus dan dibebaskan berlatih-bertanding diklub, membuat potensi saya terus terjaga,”paparnya.
Menyikapi hasil salah satu mahasiswa binaannya. Pembina UKM Bulu Tangkis UBL, Susanto Saman. S, M.Hum, MA, Ph.D mengaku bangga dan berharap dapat dijadikan motivasi mahasiswa lain, untuk memaksimalkan hobi dan kualitas diri menjadi prestasi.

“Harapannya mahasiswa UBL lain, meningkatkan prestasi non akademik. Kita gali terus potensi mereka. Karena buat sukses, bisa dari banyak hal dari para mahasiswa,”ucapnya, Rabu (26/4).
Susanto tegaskan UKM Bulu Tangkis UBL, tidak hanya aktif melaksanakan program universitas. Tiap mahasiswa yang pengurus, anggota dan atlet dari UKM, akan mendapatkan angka kredit SKS, non akademik. Untuk teknis pembibitan dan pembinaan prestasi,pihaknya rutin melakukan pelatihan dan sparing tiap minggu. Tapi, ada sistem nilai promosi-degradasi buat keikutsertaan berbagai kejuaraan.
“Alhamdulillah dengan fasilitas dan sapras tersedia, ditambah pelatih kredibel turut mendukung eksistensi anak-anak.  Dari langkah ini, kami mampu menerjunkan mahasiswa ke lomba (delegator). Termasuk, menginput data berbagai kejuaraan didaerah (provinsi) hingga nasional,”paparnya.
Selain itu, UKM Bulu Tangkis UBL juga merangkul klub-klub badminton di Lampung. Dengan berusaha meningkatkan,angka partisipasi pebulutangkis dari dunia kampus. Termasuk, menjajaki lebih luas, demi membentuk Dream Team Bulu Tangkis di UBL. Saat ini, tersedia puluhan atlet berstandar nasional. Baik kategori tunggal putra, putri, ganda putra, putri maupun ganda campuran.
“Alex salah satu kesuksesan UBL membina atlet-mahasiswa bulu tangkis berprestasi. Kita harap dari langkah ini,lahir Alex berikutnya. Sejauh ini, ketersediaan (kualitas) atlitnya ada, cuma kuantitasnya perlu ditambah. Buat maba baru, kita berikan rekomendasi tidak hanya beasiswa (berkuliah), tapi dicarikan klub agar lebih mengasah bakat dan talentanya,”terang pria yang juga Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UBL ini.
Tak berhenti disitu, UKM Bulu Tangkis UBL siap menggebrak dengan bakal mengadakan kejuaraan bulu tangkis akbar, piala Rektor UBL. Buat kalangan pelajar SMA sederajat, mahasiswa dan umum se-Kota Bandar Lampung. Namun, para peserta tidak akan dibatasi jika datang dari berbagai wilayah Lampung, maupun nasional.
“Dari situ bakal terlihat bibit-bibit juara bulu tangkis diberbagai level. Harapannya, induk olahraga (PBSI dan KONI) mampu memantau para calon atlet bulu tangkis nasional. Itu berarti UBL, dengan UKM (bulu tangkis)nya berkontribusi membangun iklim olahraga, dari lingkup kampus,”paparnya.
Terpisah, Rektor UBL Dr. Ir. H.M. Yusuf. S. Barusman, MBA ikut mendukung kegiatan-kegiatan UKM dalam membangun prestasi para mahasiswa. Termasuk di UKM Bulu Tangkis, yang dinilai sukses melaksanakan kegiatan mahasiswa non akademik, berefek prestasi. “Harapannya, UBL terus meningkatkan budaya mutu, predikatnya prestasi yang terus bergulir secara maksimal,”tukasnya.

Posting Terkait