Mahasiswi UMP Kembangkan Media Pembelajaran di Masa Pandemi

Purworejo,-Mahasiswi semester 3 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan kegiatan pendampingan pembelajaran media IPA untuk para siswa SD mulai dari siswa kelas rendah hingga siswa kelas tinggi.

Nanda Prihatini menjelaskan, dimasa pandemi seperti sekarang ini pendidikan memegang peranan penting bagi seluruh elemen, khususnya sekolah yaitu antara pendidik dan peserta didik. Sebagai guru maupun calon guru setidaknya dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman, menyenangkan dan mudah diterima untuk semua peserta didik.

“Pendampingan pembelajaran tersebut menggunakan berbagai media seperti pembelajaran interaktif, media asli dan alat peraga lainnya. Pendampingan pembelajaran tersebut dilakukan oleh mahasiswa di daerah rumah masing-masing,” jelas Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo, semester 3 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Rabu (30/12/2020).

Dalam proses pendampingan pembelajaran digunakan sebuah media pembelajaran tertentu tergantung pada materi yang akan dibahas. Penggunaan media sangatlah membantu para pendidik maupun calon pendidik dalam menyampaikan materi yang akan dibahas kepada para peserta didiknya.

Dikarenakan dengan menggunakan media pembelajaran materi yang disampaikan akan lebih singkat, jelas, dan mudah diterima serta dimengerti oleh peserta didik.

“Salah satu contoh dari media yang digunakan saat proses pendampingan pembelajaran sangatlah membantu para peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, dikarenakan penggunaan media pembelajaran asli memberikan contoh-contoh yang lebih konkret, sehingga siswa akan lebih mudah dalam menerima materi yang disampaikan,” imbuhnya.

Dirinya mengutarakan, selama diadakannya pendampingan pembelajaran kepada siswa SD di masa pandemi, diterima baik oleh siswa dan orang tua. Siswa sangatlah antusias saat mengikuti kegiatan pendampingan pembelajaran ini, mereka sangat aktif dan terlihat begitu senang.

Sebab menurutnya dengan adanya pendampingan pembelajaran ini selain siswa mendapatkan ilmu baru, mereka merasa terbantu dalam belajar dengan suasana yang berbeda karena mereka dapat belajar sambil bermain. Selain itu dengan adanya pendampingan pembelajaran ini juga membantu orang tua siswa dalam mendampingi dan mengawasi anak-anaknya dalam belajar.

“Tujuan di adakannya pendampingan pembelajaran untuk siswa SD oleh para mahasiswa semester 3 program studi PGSD UM Purworejo adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia dan pembelajaran bagi mahasiswa itu sendiri sebagai calon guru di masa depan,” paparnya.

“Dengan diadakannya pendampingan pembelajaran menggunakan media pembelajaran ini akan terus membuat siswa lebih semangat dalam menuntut ilmu dan membuat mahasiswa PGSD terus lebih mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik dan menarik sebagai bekal di masa depan,” tambahnya. (*)

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Posting Terkait