Makan Satu Buah Apel Sehari Bisa Cegah Diabetes

Foto: Ilustrasi. (Ist)

Menurut sebuah pedoman kesehatan baru, cukup dengan satu buah apel, Anda akan terhindar dari diabetes, sama seperti mengonsumsi yogurt, keju, teh, dan kopi.

Dilansir dari Natural News dan liputan6.com, Senin (16/4/2018), peneliti dari Universitas Oxford dan organisasi diabetes UK menemukan pedoman baru yang disusun berdasarkan bukti dari 500 penelitian ilmiah.

Pakar diet asal Universitas Oxford, Pamela Dyson mengungkapkan pedoman tersebut dibuat untuk memudahkan peneliti mengomunikasikan pada orang banyak soal makanan yang mengandung nutrisi.

Baca Juga:  Diabetes Melitus Menjadi Penyakit Urutan Pertama, Pemprov Minta Cegah Dengan Germas

Sebelumnya, mereka yang berisiko terkena diabetes hanya dianjurkan untuk meningkatkan asupan serat 15 persen atau menurunkan berat badan sebanyak 5 persen.

Namun demikian, panduan baru tersebut menyarankan untuk makan lebih banyak biji-bijian, buah seperti apel, anggur, dan sayuran hijau. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi produk susu, seperti yogurt dan keju, serta teh dan kopi.

Baca Juga:  Bukan Hanya Keturunan, Semua Orang Berisiko Diabetes

Tak hanya itu, pedoman dari Universitas Oxford menyarankan Anda untuk membatasi konsumsi daging olahan, minuman manis, kentang olahan, roti dan nasi putih. Orang dengan risiko tinggi diabetes juga dapat melakukan aktivitas fisik.

ibu hamil rentan kena diabetes (iStockphoto)

Selama ini mungkin Anda hanya mengenal dua jenis penyakit diabetes, yakni tipe-1 dan 2. Penyakit diabetes yang mungkin tidak Anda kenali, yaitu diabetes gestasional. Jenis ini dialami beberapa wanita pada masa kehamilan.

Baca Juga:  Diabetes Melitus Menjadi Penyakit Urutan Pertama, Pemprov Minta Cegah Dengan Germas

Umumnya, penyakit diabetes ini dialami mereka hanya pada masa kehamilan, dan kemudian hilang setelah melahirkan. Namun demikian, mereka yang mengalaminya akan berisiko mengalami diabetes tipe-2 di kemudian hari. (net/hp)

450 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Diabetes Melitus

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan