Makin Canggih, Menteri Susi Khawatir Technologi Robot Bisa Gantikan Peran Manusia

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ist)

JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mulai khawatir soal era digitaliasi, yang di mana teknologi robot bisa menggantikan peran manusia.

Kekhawatiran Susi ini beralasan, sebab jika Indonesia tidak menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, maka teknologi robot siap menggerus manusia dan manusia menjadi pengganguran.

Baca Juga:
Ini Tanggapan BI Soal Rencana GoPay Akuisisi Tiga Perusahaan Finasial Teknologi Indonesia

Dizaman Media Sosial Ini, Bank Indonesia (BI) Berharap Generasi Baru Menjadi Cyber Army Untuk BI
Indonesia Perlu Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Untuk Dukung Pertumbuhan Ekonomi

“Ini harus yang dipikirkan kita, ini yang harus dipersiapkan dalam masa depan. Posisi manusia digantikan oleh robot-robot,” tegas Susi, seperti dilansir dari okezone.com di Jakarta, Minggu (17/12/2017).

Susi menambahkan, digitalisasi dan globalisasi tidak bisa dibendung lagi. “Teknologi akan menggantikan kita sebagai tenaga profesional,” tambahnya.

Menurut Susi, apalagi saat ini insiyur semua berlomba untuk membuat penemuan-penemuan teknologi baru dan membuat robot makin canggih dalam menggantikan manusia.

“Kita sebagai bangsa besar dengan demografi surplus. Kita punya surplus demografi, kita harus siapkan pendidikan, pemerintah harus siapkan masyarakatnya siap untuk hadapi ini,” papar Susi.

Selain hal tersebut, Susi juga meminta bidang pekerjaan disiapkan dalam soal teknologi. Susi mencontohkan saat ini sudah di-launching pesawat tanpa pilot dan seluruh kegiatan administrasi diselesaikan dengan mesin.

“Pendidikan kita pelatihan kita juga semua berbasis teknologi, salah satunya yang kita harapkan adalah laut, yang bisa memberikan pekerjaan baru ke rakyat Indonesia,” tukasnya. (net)

Technologi Robot

Posting Terkait