Marak Hama Tikus Petani Tubaba Lakukan Gropyokan Tikus

TULANG BAWANG BARAT – Para petani di Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat, merasa khwatir akibat serangan hama tikus di sawah mereka. Untuk mengantisipasi maraknya hama tikus tersebut, petani melakukan perburuan terhadap hama yang mirip babi hutan itu. Demikian diungkapkan Ketua GP3A Dwi Tirta Daya Murni Susanto, dirinya meminta semua petani turun ke sawah untuk melakukan gropyokan, agar tikus tidak merajalela, Sabtu(9/2/2019).

Baca Juga:  Hama Tikus Bikin Petani Kewalahan

“Kami sangat gerah dengan ulah tikus-tikus itu maka kami perintahkan kepada seluruh petani agar melakukan buru tikus supaya tidak merajalela dan minimal mampu meminimalisir populasi hama perusak tanaman tersebut,” ujarnya.

Para petani berharap, di wilayah kecamatan Tumijajar, mampu mewujudkan swasembada beras di Kabupaten Tulangbawang Barat. Maka pada musim tanam rendeng tahun ini para petani harus mengantisipasi maraknya hama dan penyakit tanaman padi agar swasembada beras Kabupaten setempat bisa terwujud.

Baca Juga:  Petani Tubaba Rajin Berburu Hama Tikus

Diketahui para petani yang dipimpin oleh ketua GP3A Dwi Tirta Daya Murni Susanto, saat ini sedang melakukan gropyokan yakni berburu binatang yang mirip babi hutan itu. Mereka dengan sigap menyusuri pematang sawah mencari hama pengerat tanaman tersebut di persawahan wilayah BDM kelurahan Dayamurni. ( GS)

hama tikus

Penulis: 
    author

    Posting Terkait