Masyarakat Desak Pansus Politik Uang Keluarkan Rekomendasi

Foto: Ilustrasi.

BANDAR LAMPUNG – Sejumlah elemen masyarakat mendesak panitia khusus (pansus) politik uang DPRD Provinsi Lampung segera menggelar paripurna dan mengumumkan rekomendasi kinerja para wakil rakyat tersebut untuk mengusut dugaan kasus politik uang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang dilaporkan masyarakat saat pilgub 27 Juni 2018 lalu.

“Pansus menjadi harapan masyarakat agar sistem demokrasi di Lampung bisa berjalan baik tanpa dinodai oleh oknum yang menghalalkan segala cara meraih kekuasaan, misalnya dengan melakukan politik uang,” kata ketua Humanika Lampung, Basuki, Senin (17/9).

Baca Juga:  Fraksi Demokrat : Pembentukan Pansus Ungkap Kasus Politik Uang

Hasil rekomendasi pansus politik uang DPRD Lampung ini, kata dia, untuk menindaklanjuti dan mengungkap persoalan di masyarakat, baik sebelum hingga saat pemungutan suara di ajang pesta demokrasi lima tahunan tingkat provinsi tersebut.

“Kami masyarakat Lampung ingin mengetahui kebenaran dugaan politik uang di pilgub lalu, seperti siapa saja oknum nya dan terjadi dimana saja. Jadi sebagai wakil rakyat jangan hanya duduk diam setelah membentuk Pansus. Di awal semangat menggembar-gemborkan langkah pansus, tetapi setelah itu seperti tidak ada kelanjutannya. Apa pansus yang notabene beranggotakan para wakil rakyat ini telah masuk angin dan kalah menyatakan kalah dari koorporasi,” katanya.

Baca Juga:  Pansus Dorong Rekomendasi NPHD ke Penegak Hukum

Ia berharap, semoga Pansus politik uang DPRD Provinsi Lampung segera menggelar paripurna sekaligus menyampaikan rekomendasi hasil kinerjanya selama ini.

“Kita berharap pansus bisa komitmen dengan tujuan awal pembentukannya serta amanah dalam mengemban tugas sebagai wakil rakyat,”pungkasnya.

Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Ketua Posko Demokrasi Lampung, Rismayanti Borthon menyampaikan bahwa Pansus Money Politik DPRD Provinsi Lampung menjadi satu-satunya harapan masyarakat, pasca Gugatan MK ditolak dan Gugatan Bawaslu RI berujung pahit.

Baca Juga:  Bulan ini Aktivitas Pansus Politik Uang Selesai di Paripurna

Oleh karena itu, Pansus harus mampu mengembalikan realitas demokrasi politik yang baik, jujur dan bermartabat dengan segera mengeluarkan rekomendasi terkait dugaan politik uang di Pilgub Lampung 2018.

“Jangan sampai Pansus lagi-lagi mengecewakan rakyat Lampung seperti Bawaslu. Harapan rakyat Lampung, semoga semangat wakil rakyat yang diawal begitu gegap gempita menggagas berdirinya Pansus ini, jangan sampai saya bersama Rakyat Lampung, lagi-lagi harus ‘kerokan’ di kantor DPRD Provinsi Lampung, untuk menyembuhkan Gejala Masuk Angin yang pindah ke lembaga wakil rakyat tersebut,”pungkasnya. (*)

Pansus Politik Uang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan