Menanti Pemerintahan Umar-Fauzi Jilid II

Ngupi Pai

Oleh: Gati Susanto
Wartawan Fajar Sumatera

KEBERHASILAN Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang Barat terpilih, Umar Ahmad, SP dan  Fauzi Hasan, SE, MM, memimpin Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini. Terbukti pembangunan sudah dikerjakan semasa kepemimpinannya.

Masyarakat berharap pada periode kedua ini, tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat. Keberhasilan yang sangat dirasakan masyarakat adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan, yang tersebar diseluruh 9 Kecamatan.

Selanjutnya, pembangunan ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan pendidikan juga telah dirasakan langsung oleh warga. Untuk menopang keberhasilan pria yang diberi julukan bapak pembangunan Tubaba ini, yang harus dilakukan adalah: Pertama, perlunya optimalisasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Hal ini sangat urgen karena sebagai akses warga. Jalan yang menghubungkan setiap Kecamatan dan Desa, harus menjadi prioritas utama.

Diantaranya menyelesaikan pengerjaan jalan, perbaikan infrastruktur dilakukan agar perekonomian masyarakat yang tinggal diperbatasan juga dapat meningkat. Selanjutnya diprogramkan pembangunan pasar rakyat kecamatan untuk mendukung kegiatan perekonomian warga agar semakin maju.

Kedua, perlunya mempercantik wajah perbatasan dengan kabupaten tetangga, misalnya menghiasi pekarangan warga dengan pohon kelengkeng, sawo atau mangga. Jika setiap halaman rumah warga menanam tanaman produktif, selain mempercantik wajah Tubaba, juga hasilnya bisa untuk membayar pajak. Dan hal ini akan menjadi icon daerah seperti di Kota Batu Malang, Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai penghasil buah apel.

Terakhir, sektor pelayanan publik, seperti Puskesmas, Poskedes dan Puskesmas Pembantu (Pustu). Sementara untuk pendidikan, sudah seharusnya keduanya dapat membangun dan merenovasi sekolah yang sudah tidak layak. Karena pelayanan publik merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan, mulai dari perangkat desa harus tertanam budaya kerja. Memahami tupoksinya sebagai pelayan masyarakat, melayani bukan dilayani.

Sehingga keberhasilan disegala bidang kinerja pemerintahan akan dirasakan masyarakat secara maksimal. Selain menuntaskan infrastruktur, fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Namun bukan hanya pada bidang teknologi, tapi juga bidang pendidikan, ekonomi, dan bidang lainnya. Karena pengembangan SDM harus dilakukan, karena tantangan kedepan sangat besar. Kalau bekalnya tidak ada maka kita akan ketinggalan. Dengan berfokus pada pembangunan SDM, maka otomatis pembangunan fisik akan berkurang mengingat pembangunan jalan dan fisik lainnya hampir tuntas.

Warga menilai segala program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan senantiasa mengacu pada APBD Pro Rakyat. Jika hal ini bisa dilakukan oleh Bupati terpilih, maka masyarakat akan lebih sejahtera dan lebih baik dari seluruh sektor kehidupan. Dengan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, seperti kecukupan sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, hiburan, serta lingkungan yang bersih, aman, damai dan nyaman. Maka pemerintahan Umar ahmad-Fauzi Hasan jilid kedua akan sukses, Amiin. (*)

161 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment