Menkeu: Pajak adalah Tulang Punggung Negara

Foto: Istimewa

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kepada seluruh pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak agar tetap menjunjung tinggi integritas dalam melaksanakan tugas. Hal ini disampaikan Sri Mulyani saat menjadi pembina upacara dalam acara peringatan Hari Pajak di lapangan kantor pajak pusat, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

“Pajak memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan negara,” kata Sri Mulyani di kantor pajak pusat.

Baca Juga:  DJP Lampung Ajak Pelajar Peduli Pajak

Dia bilang, penerimaan perpajakan berkontribusi sekitar 83% dari total pendapatan negara. Angka yang besar ini juga berpengaruh terhadap keberlanjutan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan hingga mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mencontohkan negara ini sebagai tubuh manusia sementara pajak merupakan tulang punggung yang memiliki fungsi vital, tidak hanya dalam menopang tubuh untuk tetap berdiri tegak, tetapi juga tempat melekatnya syaraf-syaraf vital yang membuat manusia dapat beraktivitas secara normal.

Baca Juga:  Banyak Pekon Belum Bayar Pajak Dana Desa

“Jika kita tidak mampu menjaga dan memelihara tulang punggung kita dengan baik, tulang punggung tersebut menjadi rapuh dan bongkok, yang lambat laun berakibat pada kelumpuhan di seluruh tubuh,” jelas dia seperti yang dilansir dari detik.com.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kegagalan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak dapat berakibat pada sendi-sendi aktivitas kehidupan bernegara dan menghambat pencapaian cita-cita menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Beri Insentif Pajak untuk Industri Otomotif

“Oleh karena itu, anda yang bekerja di Ditjen Pajak tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa anda mengemban amanah yang sangat penting bagi republik ini,” tutup dia. (net/hp)

Hari Pajak Pajak

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan