Menlu RI Resmikan Gedung KJRI di Chicago

Menlu Retno Marsudi meresmikan KJRI Chicago. (Ist)

Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meresmikan gedung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, Amerika Serikat. Acara Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan RI di AS, pimpinan Bank Mandiri, perwakilan lembaga keuangan Indonesia di AS dan perwakilan masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya.

“Gedung ini selayaknya dapat menjadi Rumah Indonesia, khususnya bagi masyarakat Indonesia di AS,” kata Retno dalam keterangannya, seperti yang dilansir dari detik.com, Minggu (23/9/2018).

Sejak berdiri pada tahun 1983, KJRI Chicago telah berpindah gedung sebanyak 5 kali. Semuanya adalah perkantoran sewa.

Gedung Kantor KJRI Chicago yang diresmikan tersebut dibeli pada awal Januari 2018. Gedung ini merupakan bangunan 4 lantai seluas 1883 m2, yang terletak di jalan 211 N Carpenter St, Chicago, di sebuah kawasan berkembang bernama Fulton Market.

Nantinya, gedung akan dilengkapi dengan Pusat Kebudayaan Indonesia dan berbagai fasilitas pelayanan kekonsuleran dan kependudukan, serta perlindungan WNI. Seluruh fasilitas ini diperuntukkan untuk menunjang pelayanan bagi 12.100 WNI yang tinggal di 13 negara bagian di wilayah akreditasi KJRI Chicago. Gedung ini juga akan menjadi pusat promosi Indonesia di wilayah Midwest Amerika Serikat.

Diperkirakan, gedung kantor KJRI Chicago siap beroperasi pada awal tahun 2019. Retno mengapresiasi pembelian kantor KJRI tersebut, sebab menurutnya hal itu akan menghemat anggaran biaya sewa gedung.

“Dengan pembelian gedung sebagai aset milik negara, Pemerintah RI berusaha melakukan efisiensi anggaran. Tentunya pembelian ini dilakukan dengan mekanisme yang transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Retno. (net/hp)

Gedung KJRI

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan