Menteri Koperasi UMKM Direncanakan Hadir Resmikan PLUT Lampung

Pusat Layanan Usaha Terpadu (ist)

BANDARLAMPUNG, FS – Dinas koperasi dan UMKM  Provinsi Lampung, tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan peresmian program unggulan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Peresmian PLUT ini pun rencananya akan langsung dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, Agus Nopitu, mengatakan, pelaksanaan louncing program PLUT akan dilaksanakan dan diresmikan oleh pihak kementerian pada bulan April 2017 mendatang, sejauh ini pihaknya tengah sibuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk memperlancar acara louncing tersebut.

“Kita masih menyesuaikan jadwal pak menteri, kapan beliau bisa, ya kita resmikan, yang diharapkan pak menteri datang, kita ingin acara tidak mundur, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sejak lama, kita maunya cepat,” ujar Agus, Selasa (21/3).

Selain itu, dalam louncing program PLUT April mendatang, Dinas Koperasi tidak akan mengubah tema Kampung Digital Marketing Berbasis Information and Technology (IT). Pasalnya, program tersebut sebagai upaya pemerintah dalam membantu dan mempermudah UKM dalam melakukan penjualan/pemasaran produknya.

“Untuk tanggal dan waktunya kita masih menyesuaikan, dan terus kordinasi dengan kementerian pusat. Pra pendampingnya kita akan ada kita louncing juga tekait kampung UKM digital, kita nanti akan kerjasama dengan Telkom, BI, serta pihak-pihak perbankan,” urainya.

Dirinya berharap aplikasi yang telah dibuat, akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta mempermudah mereka untuk mengetahui kondisi kesehatan ekonomi usaha mereka.

“Apliskasi-aplikasi ini bisa dan mudah diakses oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil menengah, sehingga mereka lebih mudah untuk mengetahui kondisi kesehatan dan neraca keuangan dari masing-masing pelaku usaha koperasi dan UMKM,”  imbuh Agus.
Selain itu program ini berguna sebagai daya saing dan meningkatkan kwalitas sdm UMKM, serta dapat memberikan mereka solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi.  

“Meningkatkan daya saing termasuk meningkatkan kualitas sdmnya. Dan akses pembiayaan koperasi, dari mereka yang terkendala persoalan pembiayaan, mungkin melalui konsultan pendamping akan dicarikan solusi terbaik, langkah-langkah yang dilakukan untuk usaha-usaha mikro, kecil dan menengah dalam mengakses banknya agar bisa lebih mudah,” tandasnya.

Diketahui, program yang baru pertama diadakan oleh Dinas Koperasi Lampung dan bersifat bantuan kepada UKM ini, akan diresmikan pada bulan April 2017 di gedung PLUT PKOR way halim Bandarlampung.

Dalam memperlancar program ini, nantinya para UKM akan mengikuti pelatihan untuk mengelola wibsitenya, para ahli IT sudah membuatkan semua programnya, untuk mempermudah UMK memajang foto produk-produknya masing-masing.
Program PLUT ini menjadi program unggulan atau aikon bagi Dinas Koperasi Lampung, pasalnya dengan adanya program ini, dapat mempermudah strategi pemasaran bagi UMK di luar-luar kota yang masih sulit terjangkau.(ZN)

312 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment