Menteri PAN-RB: Tak Bisa Lagi Jadi PNS karena Bekingan

Jakarta – Pemerintah akan segera membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan seleksi yang digunakan dalam pembukaan lowongan CPNS bakal berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi ketat yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk itu dia memastikan, bahwa tidak ada kegiatan sogok-menyogok dalam seleksi CPNS 2018 yang sebentar lagi dibuka.

Baca Juga:  Pemerintah Pusat Bakal Pangkas Jumlah PNS

“Sistem CAT yang sudah kita laksanakan itu tidak bisa lagi tawar-menawar. Tidak bisa lagi sogok menyogok dalam penerimaan PNS,” kata Asman di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7/2018).

Dia bilang pemerintah berupaya untuk bisa terus memperbaiki sistem seleksi CPNS menjadi lebih baik. Hal itu agar, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi negara.

Baca Juga:  Bakal Dapat Lebih Besar, THR PNS Cair H-10 Lebaran

“Kita punya komitmen, sistem rekrutmen tidak boleh lagi ada intervensi. Artinya tidak bisa lagi seseorang bisa jadi PNS karena bekingan. Yang bisa jadi PNS adalah orang yang punya keahlian, orang yang punya kemampuan, yang punya kompetensi,” katanya seperti yang dilansir dari detik.com.

Lebih dari itu, dirinya juga menegaskan dalam pelaksanaan seleksi CPNS nanti setiap peserta harus menggunakan kemampuannya masing-masing.

Baca Juga:  Berikut 6 Ujaran Kebencian yang Tak Boleh Dilakukan PNS

“Orang yang lulus betul-betul orang yang punya kompetensi. Maka dari itu sistem yang kita terapkan sekarang tidak bisa lagi orang yang tidak punya kemampuan lulus jadi pns. Jadi sistem seleksi yang secara terbuka ini jadi kunci untuk perbaikan ASN,” jelasnya. (net/hp)

773 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

PNS

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan