Mesujiraya & Mekarjaya Upaya Damai

Foto: Tommy Saputra

BANDAR LAMPUNG – Pasca bentrok antara dua kelompok warga di Kabupaten Mesuji tepatnya di kawasan lahan hutan Register 45. Total ada 13 korban, 9 orang  diantaranya dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung untuk menjalani perawatan secara intensif.

Hingga berita ini diturunkan, RS Bhayangkara masih dijaga ketat oleh Sat Shabara Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Polisi Zahwani Pandra Arsyad, menjelaskan, korban bentrok di Mesuji ada 13 orang.

“4 orang tewas, 8 orang luka berat akibat sabetan golok, 1 orang luka ringan,” jelas Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Kamis (18/7).

Untuk 9 korban selamat langsung dibawa ke RS Bhayangkara tadi malam menggunakan 5 unit ambulance dari lokasi bentrok warga diatas lahan Register 45, di Desa Karya Tani, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Berdasarkan pantauan di RS Bhayangkara, dari tadi  malam hingga sore hari (18/7) tadi, anggota Sat Shabara Polda Lampung masih menjaga ketat wilayah rumah sakit.

Demi meredam konflik lanjutan, Polda Lampung sendiri telah menempatkan anggota sebanyak 500 personel bersama TNI AD.

Mediasi damai antara dua kelompok yang berseteru juga tengah dilakukan dengan melibatkan tokoh masyarakat dari kedua belah pihak.

Polda Lampung juga akan memintai keterangan perihal keributan yang terjadi. Selain itu mediasi yang dilakukan akan cepat terselesaikan sehingga keadaan Mesuji kembali damai.

Seperti diketahui, pada Rabu (17/7) siang,, dilaporkan telah terjadi pertikaian antar kelompok warga di kawasan Register 45, Sungai Buaya, Kabupaten Mesuji, Lampung. Akibatnya, terdapat 4 korban tewas, dua kritis, dan enam warga mengalami luka-luka.

Kedua kelompok yaitu wilayah Mesuji Raya bentrok dengan kelompok Mekar Jaya Abadi yang diduga buntut dari masalah kendaraan bajak milik kelompok Mesuji Raya yang disandera oleh kelompok Mekar Jaya Abadi sejak pukul 13.00 WIB.

Setelah itu, sejumlah orang dari kelompok Mesuji Raya merebut paksa bajak sampai terjadi keributan pukul 14.00 WIB.

Akibatnya, 10 korban luka bacok, empat korban dibawa di Klinik Asa Medika. Tiga korban di Rumah Sakit Puri Husada, dan tiga lainnya dibawa ke Puskesmas Simpang Pematang.(TS)

Posting Terkait