MKKS SMP Way Kanan Rapat Pemantapan Penyusunan Butir Soal

Deni | Fajar Sumatera

BLAMBANGANUMPU-Kalender Akademik (Kaldik) tahun pelajaran 2019/2020 yang berisi jadwal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan penilaian hasil belajar harus berjalan dengan efektif dan berkualitas mengingat awal tahun pelajaran di semester ganjil telah berjalan dari  bulan Juli dan memasuki akhir semester ganjil di bulan Desember. Bertempat di SMPN-3 Baradatu.

Dalam rangka penilaian hasil belajar di semester ganjil jenjang SMP diperlukan sinkronisasi antar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) bidang Kurikulum dengan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam melaksanakan kegiatan akademik sesuai dengan kalender akademik di tahun ajaran 2019/2020. Peran perumus butir soal yang dibentuk MGMP di masing-masing mata pelajaran memiliki peran yang sangat penting dengan bersama TPK di masing-masing mata pelajaran untuk membuat soal yang sesuai level dari tingkat kesulitannya bagi jenjang sekolah SMP.

Menurut Nuryanto Koordinator Kurikulum MKKS SMP dalam rapat pemantapan penyusunan butir soal diperlukan kerjasama yang baik dalam melihat perkembangan kurikulum sekolah baik kurikulum 2013 dan KTSP sehingga tingkat kesukaran jenis soal sesuai menurut level tingkatan peserta didik.

” Tim perumus soal MGMP mata pelajaran selalu berkoordinasi dengan TPK nya di masing-masing mata pelajaran sehingg soal bisa di pastikan berkualitas dan baik,” kata Nuryanto, Jumat (18/10).

Direncanakan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS)  dilakukan di pertengahan Desember sehingga sinkronisasi dalam bentuk rapat pemantapan dilakukan untuk kesempurnaan kegiatan penilaian pembelajaran di jenjang SMP kedepan. (MS/DN)

MKKS SMP Way Kanan

Posting Terkait