Nasabah BRI di Lampung Khawatir Saldo Rekening Hilang

BANDARLAMPUNG—Hilangnya uang nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) di Kabupaten Kediri baru-baru ini membuat khawatir nasabah BRI di Bandarlampung. Nasabah umumnya merasa takut bila kejadian serupa menimpa mereka.

Taufik, warga Bandarlampung menuturkan, selama ini tak pernah mengalami kehilangan uang di rekeningnya secara tiba-tiba. Namun mengetahui adanya kejadian hilangnya uang nasabah di Kediri ia merasa khawatir.

“Ya takut juga. Jadinya gak nyaman aja,” kata dia, Rabu (14/3).

Dirinya meminta agar pihak BRI bisa memberikan kepastian perlindungan uang nasabah. Sehingga nasabah bisa terhindar dari aksi pencurian uang secara misterius oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab.

Baca Juga:  Sistem Keamanan Siber Bank BUMN Diperkuat Untuk Cegah Skimming

Nasabah lainnya, Pendi menuturkan, nasabah membutuhkan jaminan keamanan dari BRI sehingga uang di rekening aman dari aksi pencurian. Bobolnya sistem keamanan BRI tersebut menurutnya bisa mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap BRI.

“Harus cepat ditindaklanjuti. Jangan sampai kejadian serupa terjadi juga di Lampung,” ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah nasabah BRI di Kabupaten Kediri mengadukan adanya pengurangan saldo rekening. Padahal, nasabah yang bersangkutan merasa tidak melakukan transaksi.

Baca Juga:  Sistem Keamanan Siber Bank BUMN Diperkuat Untuk Cegah Skimming

Para nasabah di tiga kantor unit di Kediri kehilangan uang yang bervariasi berkisar Rp500 ribu hingga Rp 10 juta. Nasabah tiba-tiba mendapat pemberitahuan transaksi yang tidak dilakukannya melalui pesan singkat ponselnya.

Hasil pemeriksaan awal internal BRI menunjukkan dugaan skimming. Pihak bank juga menemukan dugaan aliran dana ke luar negeri.

Kepala Polsek Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, AKP Shokib Dimyati menyebutkan pemeriksaan awal terdapat 16 nasabah yang mengadu hal tersebut dengan jumlah kehilangan mencapai Rp2 juta sampai Rp5 juta.

Baca Juga:  Sistem Keamanan Siber Bank BUMN Diperkuat Untuk Cegah Skimming

Para nasabah berharap ada penjelasan secara resmi dari pihak bank terkait dengan kejadian tersebut, terlebih lagi kejadian itu tidak hanya menimpa satu orang.

Kepala Cabang BRI Kediri Dadi Kusnadi akan melakukan penyelidikan terkait dengan saldo nasabah yang berkurang secara misterius tersebut. Dia menilai dugaan sementara berkurangnya saldo nasabah tersebut akibat “skimming” atau penyadapan data nasabah.(*)

593 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

nasabah bri skimming uang nasabah bri hilang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan