Odo Rusdjandi Titip Surat Untuk Jokowi

LIWA – Odo Rusdjandi (88) adalah mantan anggota laskar pejuang 45 yang ditransmigrasikan Presiden Pertama RI, Ir Soekarno melalui peserta program transmigrasi Biro Rekonstruksi Nasional (BRN) ke wilayah Kecamatan Sumberjaya pada 14 November 1952 lalu. Beliau merupakan salah satu tokoh setempat yang dulunya di antar langsung oleh Bung Karno.

Namun, sudah 65 tahun Odo Rusdjandi hidup di Sumberjaya, tapi sampai kini tanah tempat tinggalnya bersama 377 KK lainnya belum sah menjadi hak milik, karena tanah mereka masih diberi status tanah kawasan oleh Pemerintah.

Di sela-sela apel Kebangsaan dalam rangkaian kegiatan Festival Kebangsaan Kabupaten Lampung Barat tahun 2018 yang dihadiri Plt  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Dr. Hariyono M.Pd, Odo Rusdjandi menyampaikan aspirasinya lewat surat yang ditujukan melalui Kepala BPIP untuk Presiden RI Jokowi, di lapangan Sukarara Kecamatan Sumberjaya, Rabu (14/11).

Inilah isi suratnya :

“Kepada Yth Paduka yang mulia Bapak Presiden Jokowi yang kami cintai.

Yang kami hormati Menteri-menteri, Bapak Gubernur, Bapak Bupati dan hadirin yang terhormat.

Saya Odo Rusdjandi umur 88 tahun, mantan anggota laskar pejuang 45 yang ditransmigrasikan oleh BRN atau Biro Rekontrusksi Nasional ke Lampung secara resmi oleh Presiden RI Ir. Soekarno tahun 1952. Sudah 65 tahun saya hidup dan bertempat tinggal di tempat ini, tapi sampai sekarang belum sah menjadi hak milik. Tanah kami masih diberi status tanah kawasan hutan lindung oleh pemerintah.

Dosa terbesar saya, sebelum saya meninggalkan dunia ini, “Tolong andai kata ada kekeliruan antara pemerintah dulu dengan pemerintah sekarang, agar diselesaikan dan tempat ini menjadi tanah marga atau tanah milik masyarakat, sehingga ada bekal untuk masyarakat karena ditempatkan Presiden secara  langsung, areal pertanahan ini resmi untuk masyarakat.

 

Atas perhatiannya yang mulia Bapak Presiden Jokowi, kami ucapkan terimakasih.

Sukapura 14 November 2018

Ttd

Odo Rusdjandi

Odo Rusdjandi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan