Olahraga Ringan Ini Terbukti Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Jantung salah satu organ yang perlu dilatih, latihan yang baik dan benar dapat membantu kinerja jantung yang optimal. Salah satunya bisa dengan olahraga ringan yang bisa dilakukan sehari-hari.

Ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP menerangkan bahwa olahraga ringan seperti jalan cepat baik untuk melancarkan aliran darah. Terlebih jika olahraga tersebut dilakukan tidak berhenti selama 30 menit, dengan kecepatan 4 hingga 6 km/jam.

Baca Juga:  Didampingi Sandiaga Uno, Jokowi Resmikan Fasilitas Olahraga di GBK Jakarta

“Olahraga aerobik seperti jalan cepat (jogging) secara rutin oleh orang sehat dapat menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular dan menekan faktor-faktor risiko kardiovaskular lainnya,” ujarnya, seperti yang dilansir dari detikHealth.

Selain baik bagi kesehatan jantung, olahraga tersebut juga mengendalikan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga:  Perkemi Lampung Komitmen Bina Atlet

Berjalan kaki dengan cepat juga memiliki durasi waktu yang cukup singkat yaitu 30 menit saja perhari, sehingga cukup praktis bagi mereka yang sibuk. Akan tetapi perlu dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Selain itu, jika tidak memiliki waktu luang yang cukup bagi pekerja kantoran bisa melakukan jalan santai di sekitar ruang kerjanya.

Baca Juga:  Kemenpora Tes Fisik Atlet PPLP Lampung

“Bisa menggunakan tangga untuk naik ke lantai 2 atau 3, tidak menggunakan lift. Bisa juga melakukan aktivitas sepeda statis di tempat kerja dengan menggerakan kaki seperti mengayuh,” tutup Isman. (net/hp)

297 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Jantung Olahraga

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan