OTT Illegal Logging di Hutan Register Bukit Rindingan

Ilustrasi. (Net)

BANDAR LAMPUNG – DINAS Kehutanan Provinsi Lampung berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Illegal Logging di kawasan Hutan Register 32 Bukit Rindingan, Tanggamus.

OTT dilakukan pada Senin (22/1/2018) oleh Tim Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Batutegi Dinas Kehutanan Provinsi Lampung yang terdiri dari Polisi Kehutanan (Polhut), Bakti Rimbawan, dan Mitra KPH.

Dalam OTT ini, diamankan empat orang tersangka, 2 unit chainsaw, 1 unit motor, 1 buah golok, dan 1 buah HP, beserta kayu sonokeling.

“Barang bukti tersebut diamankan dan diproses penyidikan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kehutanan dan Kepolisian Daerah Lampung,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Syaiful Bachri, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi  Hutan, Wiyogo Supriyanto.

Baca Juga:  Dishut Lampung Kembali Tangkap Pelaku Illegal Logging

Keempat tersangka tertangkap tangan sedang menebang pohon sonokeling di Resort Batu Lima,Dusun Trabasan, Pekon Datarajan, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus yang terdapat dalam Hutan Register 32 Bukit Rindingan, KPH Batutegi, pada Senin (22/1/2018).

Kegiatan ini terendus sejak dua minggu lalu atas informasi masyarakat, mitra KPH, yang menyatakan adanya aktivitas illegal logging.

Sejak Sabtu lalu lokasi tersebut dipantau khusus, oleh Tim KPH Batutegi. Tidak sia-sia, upaya pemantauan telah berhasil menangkap langsung pelaku illegal logging.

Baca Juga:  Dua Pemeras Kades di Lampung Selatan Terjaring OTT

Dalam beberapa kejadian sebelumnya, kecepatan pelaku dan terendusnya rencana operasi sehingga yang ditemukan hanya potongan kayu sebagai barang bukti, sedangkan pelaku tidak ditemukan di lokasi kejadian.

“Hal ini tidak memadamkan semangat kami untuk terus meningkatkan pengawasan dan operasi lapangan agar kejadian illegal logging tidak terjadi, dan apabila terjadi, pelaku dapat ditangkap dan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Syaiful Bachri.

Peningkatan upaya terus dilakukan dengan sinkronisasi dan sinergitas perlindungan dan pengamanan hutan, terutama akan ancaman gangguan hutan berupa illegal logging yang saat ini marak, khususnya jenis tanaman sonokeling.

Baca Juga:  Loekman Tidak Lindungi Pegawai Puskesmas Terkena OTT

Seluruh Polhut siaga satu terhadap kejahatan kehutanan yang dapat mengganggu kelestarian sumberdaya hutan sebagai penyangga kehidupan.

Saat ini, komando Polhut satu di Dinas Kehutanan Provinsi Lampung di bawah pembinaan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dengan Kasat Polhut sebagai komandan pelaksana.

“Kami sampaikan penghargaan kepada Tim KPH Batutegi dan Polhut Dinas Kehutanan Lampung beserta seluruh pihak terkait atas keberhasilan melakukan OTT Illegal logging,” pungkasnya. (*)

789 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Bukit Rindingan Dinas Kehutanan OTT

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan