Panitia Pilkades Tirtalaga Mangkir Saat Diminta Klarifikasi Hasil Suara

Nanang | Fajar Sumatera

MESUJI – Sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, di bahas di aula balai setempat, Selasa (24/12).

Untuk diketahui, hasil perolehan suara terbanyak pada Pilkades Tirtalaga diperoleh calon nomor urut 3 atas nama Sikun dengan jumlah suara 248. Sementara pesaingnya atas nama Muhammad Soleh nomor urut 2 memperoleh suara 247, hanya selisih satu suara, disusul nomor urut empat atas nama Wawan dengan perolehan 118 suara dan nomor urut lima atas nama Jumono yang meraih 201 suara.

Empat calon kepala desa (Cakades) yakni Istikhori, Muhammad soleh, Wawan dan Jumono sepakat menggugat kemenangan Sikun. Sayang tergugat tidak hadir dalam pembahasan sengketa tersebut.

“Kami dari pasangan empat calon menginginkan agar dapat menyelenggarakan pemilihan pilkades ulang, dugaan kami panitia tidak netral dalam meberitahukan kepada para calon tentang adanya perubahan Daftar pemilih tetap” ucap empat calon kandidat.

Ketua  beserta para anggota Panitia pelaksanaan pemilihan kepala desa tirta laga yang berjumlah 11 orang tidak satu pun yang hadir untuk menjelaskan atau meng klarifikasi terkait hasil  suara  serta jumlah daftar pemilih tetap (DPT)  pada Pemilihan pilkades  di desa tirta laga pada 12 desember lalu.

Sedangkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa tirta laga baik itu ketua ataupun anggota nya yang hadir dalam musyawarah ini  di anggap masyarakat tidak mampu untuk mengundang panitia Pilkades di desa tersebut, untuk meng klarifikasi persoalan pada pemilihan kepala desa.

Pengurus Organisasi Masyarkat Mesuji Bersatu (MMB) dan Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (ARUN) Meminta melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar ketua paninitia pemilihan kepala desa tirta laga dapat hadir guna dapat memberikan keputusan.

Ketua BPD sudah mendatangi secara langsung di rumah kediaman ketau Panitia pilkades tirta laga, menurut keterangan panitia yang di sampaikan ke BPD, mengenai persoalan pilkades dari para calon sudah mendatangi dinas PMD kab.mesuji, lebih lanjut dia mengatakan

“Persoalan ini saya tidak bisa memberikan komentar sekaligus tidak dapat hadir di bali desa, di karenakan sudah ditangani oleh dinas maka,pasangan calon kades bila ingin mencari penyelesaian silahkan datangi pemerintah kabupaten mesuji” papar ketua panitia pilkades yang di sampai kan oleh BPD.(NNG)

Pilkades Tirtalaga

Posting Terkait