Panwaslu Pesawaran Tertibkan APS Paslon Pilgub Lampung

Panwaslu Pesawaran Tertibkan APS Paslon Pilgub Lampung

Panwaslu Pesawaran menertibkan Alat Peraga Sosialisasi dan persiapan pemasangan Alat Peraga Kampanye pasangan calon Gubernur & Wakil Gubernur Lampung Tahun 2018, Senin (12/2/2018). Foto: PS/fajarsumatera.co.id

PESAWARAN – PANWASLU Pesawaran menggelar rapat kordinasi (rakor) penertiban Alat Peraga Sosialisasi (APS) dan persiapan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon (paslon) Gubernur & Wakil Gubernur Lampung Tahun 2018, bertempat di Ruang Rapat Rumah Makan Puti Minang, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Senin (12/2/2018).

Ketua Panwaslu Pesawaran, Ryan Arnando, mengatakan surat imbauan terkait penertiban APS ini sudah disampaikan kepada pimpinan parpol se-Pesawaran.

“Acara kita hari ini pun merupakan tindak lanjut terkait hal tersebut,” katanya.

Ketua Panwaslu mengungkapkan berdasarkan PKPU No 4 Tahun 2017 sudah jelas tidak boleh mencetak dan memasang APK, selain yang sudah diatur oleh KPU.

“Oleh sebab itu, ketika penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur 12 Febuari 2018 mendatang, APS yang tersebar itu harus ditertibkan oleh tim pemenangan, parpol atau gabungan parpol pendukung calon dalam kurun waktu 1 x 24 jam setelah paslon ditetapkan. Jika tidak diindahkan maka Panwaslu Pesawaran akan berkoordinasi dengan Satpol PP Pesawaran untuk menertibkan APS tersebut,” tegasnya.

Baca Juga:  Bacaleg Terindikasi Curi Start Kampanye, KPU-Bawaslu Diminta Tegas

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU Pesawaran, Aminudin, Panwas berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengenai penurunan APS.

“Besok, Selasa adalah tahapan pengundian nomor urut masing masing paslon. Penyebaran bahan kampanye berbentuk pamflet kepada paslon dan tim pemenangannya akan diberitahukan oleh KPU Pesawaran. Adapun tempat yang tidak boleh dipasang APK yaitu tempat ibadah, tempat pendidikan, dan kantor pemerintahan,” ujar Aminudin.

Pemasanagan APK berada di lima titik, di Jalan Baru Desa Kurungan Nyawa, di Lapangan Sidototo di Desa Kebagusan, di Tugu Pengantin Desa Gedongtataan, di Kutoarjo Desa Kutoarjo, dan Desa Way Layap.

“Masa kampanye selama 129 hari, terhitung sejak 15 Februari 2018 harus ada pemasangan APK di 5 titik yang telah ditentukan, untuk iklan di media cetak dari KPU Provinsi yang menentukan. APS yang ada paslon walaupun sekarang masih penjabat aktif akan tetap diturunkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  KPU Seram Bagian Barat Tetapkan 431 DCT

Sementara, Kabag Ops Polres Pesawaran Kompol Agus Susanto menyampakan Polres Pesawaran sudah menyiapkan pengamanan Pemilukada 2018 dari tahapan kampanye sampai dengan pemungutan suara.

“APS sudah harus bersih dan sudah bisa dimulai sore hari ini, sehingga pada saat nanti pelaksanaan APK di lima titik bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Masa kampanye selama 129 hari dan sangat rentan karena berbarengan juga dengan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Kompol Agus Susanto.

Setiap kegiatan kampanye harus ada izin melalui Sat Intelkam dengan tujuan pengamanan dan pengontrolan.

“Karena kalau tidak ada surat pemberitahuan, yang dikhawatirkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kami dari Polres Pesawaran tidak akan mempersulit. Wewenang kami sebagai Polri mengenai APK hanya pengamanan sifatnya,” ujarnya.

Baca Juga:  KPU Lampung Utara ‘Usir’ Media Liput Undian Nomor Urut

Pada 24-26 Juni nanti adalah masa tenang dan Polres Pesawaran menurunkan 100 personel selama tidak ada kegiatan kampanye.

“Polres Pesawaran pada 26 Juni 2018 siang akan menerima BKO dari Polda Lampung mengingat masih minimnya personel Polres Pesawaran. Untuk pendistribusian logistik pemilu ke TPS-TPS yang di wilayah pulau seperti Pulau Legundi, Pulau Pahawang, rencananya akan menggunakan kapal dari Polairud Polda Lampung serta berkoordinasi dengan KPU Pesawaran,” pungkasnya.

Kompol Agus berharap kepada masing masing LO partai untuk bekerjasama dengan baik menciptakan pemilukada yang aman dan kondusif.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Pesawaran Amin Udin dan Staf KPU Nova Rida, Kabag Ops Polres Pesawaran Kompol Agus Susanto, Kaban kesbangpol Fahturozi, Komisioner Panwaslu Ryan Arnando sebagai Kordif SDMU, Komisioner Panwaslu Riswanto sebagai Kordif PHL, Komisioner Panwaslu Mutolib sebagai Kordif PP, Kasat Pol PP Pesawaran, Ketua Partai Nasdem Drs Musiran, Ketua Partai Hanura Zulkafeta Heri, masing-masing LO partai peserta Pemilukada 2018. (MH/PS)

APS KPU Panwaslu Pesawaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan