Parosil Beri Pengarahan Peratin

LIWA – Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus memberikan pengarahan pada para peratin dan panduan laporan hasil pemeriksaan (LHP) di Aula RSUD Alimuddin Umar, Rabu (3/1)

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa  secara khusus tentunya pelaksanaan pengarahan ini merupakan bentuk pembinaan langsung terhadap penyelenggaraan pemerintahan pekon.

Dan bagi peratin bahwa kehadirannya di dalam mengikuti pengarahan ini adalah wujud konkrit di dalam melaksanakan tanggungjawabnya memimpin penyelenggaraan pemerintahan pekon berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penyelenggaraan pemerintahan pekon merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan daerah. Peratin sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan pekon.

Merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah.

Baca Juga:  Dirjen Otda: Kepala Daerah Pelanggar Aturan Tidak Paham Ilmu Pemerintahan

Penyelenggaraan pemerintahan pekon merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah. Oleh karena itu peratin mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan pemerintahan pekon, pelaksanaan pembangunan pekon, pembinaan kemasyarakatan pekon, dan pemberdayaan masyarakat pekon.

Bupati mengingatkan kepada peratin terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan pekon, dimana setiap peratin agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pergunakanlah anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan pekon

Baca Juga:  Pemprov Lampung Distribusikan Blanko E-KTP ke Kabupaten/Kota

Sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara peratin dan masyarakat, saling bersinergi untuk menciptakan kemajuan guna mewujudkan harapan ita bersama akan hadirnya pekon hebat dalam lima tahun yang akan datang.

Dengan adanya empat prioritas pembangunan pekon pemerintah pusat serta tujuh prioritas pemkab harus bersinergi dengan pembangunan yang dikelola oleh pemerintah pekon untuk mewujudkan masyarakat lampung barat hebat dan sejahtera.

Usai menggelar pengarahan Peratin dan LHP, Bupati  kemudian menggelar kegiatan serupa pada pejabat Eselon III A dan B di Aula Keagungan. Dalam arahanya bupati mengapresiasi kinerja para pejabat setempat pada periode 2012-2017 yang telah menorehkan banyak prestasi dalam segala bidang.

Baca Juga:  Perkara Bantuan Poktan dilaporkan KPK, DPTPH Provinsi Belum Mengetahui

Bupati mengharapkan bantuan dan dukungan para pejabat untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas guna merealisasikan program Bupati pada lima tahun kedepan.

”Mari kita bergandengan tangan, bahu membahu di Beguai Jejama untuk newujudkan Lampung Barat yang hebat,” tuturnya.

Bupati juga menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara yang hadir pada kesempatan tersebut untuk welcome pada Insan Pers, mengingat peran Pers sangat dibutuhkan demi membangun dan mengawasi pembangunan di Kabupaten yang kita cintai ini.

Acara tersebut dihadiri oleh Setdakab Lampung Barat  Akmal Abdul Nasir, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Adi Utama serta Kepala Dinas PMP Nukman.(Fb)

barat Beri Bupati Lambar Lampung Parosil Pengarahan Peratin

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan