Patung ZA.Pagar Alam Dipindahkan

Patung ZA.Pagar Alam (ist)
BANDARLAMPUNG, FS – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung memindahkan patung Zainal Abidin Pagar Alam yang berlokasi di jalan Zainal Abidin Pagar Alam – Teuku Umar, Kedaton Bandarlampung untuk memuluskan langkah pembangunan menara mercusuar (fly over) sekitar pukul 23.00 WIB pada Senin malam(20/3).
Rencana pembangunan menara mercusuar kelima ini dengan memiliki panjang 350 meter dan lebar 12 meter kabarnya diperuntukan untuk menekan angka kemacetan di Kota Tapis Berseri.
Kepala UPT Dinas PU Bandarlampung, Septa mengatakan bahwa patung Gubernur Lampung periode 1966 -1972 ini dipindahkan di depan KFC Kedaton, Bandarlampung.
“Rencananya kalau tidak ada halangan langsung dipasang,” kata Septa, Senin malam, (20/3).
Pengerjaan pemindahan patung salah satu tokoh Lampung ini pada malam hari untuk menghindari kemacetan para pengendara yang melintasi tempat tersebut saat memasuki jam sibuk.
Selain itu, lanjut Septa, untuk memudahkan pengerjaan pengangkatan patung seberat 1,5 ton, menggunakan tali khusus yang mampu mengangkat berat maksimal 5 ton dengan dibantu mobil tronton dan krek.
“Sebelumya memang sudah direncanakan pemindahannya dilakukan pada malam hari(dipindahkan)setelah mengikis alas batu patung tersebut,” tambahnya.
Untuk diketahui, Pemindahan patung ayah dari mantan Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP dengan memiliki berat sekitar  1,5 ton yang dilakukan sekitar pukul 23.00 WIB ini sempat menjadi perhatian para pengendara dan warga sekitar yang berada di sekitaran lokasi tersebut. (TM)

238 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment