Pelajar Lampung Berjaya di OSN

 

Foto: Jousa

BANDARLAMPUNG – Para pelajar Lampung  mengharumkan nama Sang Bumi Ruwa Jurai setelah sukses  meraih 12 medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA, SMP dan SD.

Olimpiade Sains Nasional ke-18 tahun 2019 diikuti 272 siswa Sekolah Dasar, 408 siswa SMP dan 685 siswa SMAperwakilan dari 34 provinsi dan diselenggarakan di dua kota.

untuk OSN jenjang SMA berlangsung di Manado Sulawesi Utara, sementara OSN jenjang SD dan SMP di Yogyakarta.

Perhelatan OSN yang berlangsung sejak 30 Juni hingga 6 Juli lalu, Provinsi Lampung berhasil mengumpulkan 12 medali yang terdiri dari 2 perak dan 10 perunggu.

Raihan prestasi datang dari OSN jenjang SMP dengan 2 medali perak dan 3 perunggu. Perolehan  ini membuat Lampung berada di peringkat tujuh nasional untuk OSN SMP.

Sementara untuk OSN jenjang SMA dengan perolehan medali 5 perunggu, Lampung berada di peringkat 17 nasional.

Dan untuk OSN jenjang Sekolah Dasar, Lampung berada di posisi 12 nasional dengan perolehan 2 perunggu.

“Pada Olimpiade Sains 2018 lalu Di Kota Padang Sumatera Barat, Lampung berhasil meraih 1 medali emas, 1 perak dan 6 medali perunggu untuk seluruh jenjang OSN,” kata Kabid Pembinaan SMA/SMK Disdikbud Lampung, Diona Katharina, Selasa (9/7)

Dengan perolehan medali tersebut, pada OSN 2018 lalu Provinsi Lampung berada di peringkat 11 nasional.

“Ketiadaan medali emas pada OSN tahun ini akan mengakibatkan peringkat nasional Lampung turun,” ungkapnya.

Untuk OSN tahun berikutnya, Diona mengimbau keluarga dan pihak sekolah untuk meyiapkan siswa dan mengintensifkan kembali bimbingan belajar.

Siswa yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional ini berasal dari SMA Negeri 1 Metro, SMA Negeri 2 Bandarlampung dan SMA Al Kautsar.

Kemudian SMP Negeri 1 Metro, SMP Negeri 1 Air Naningan Tanggamus, SMP Xaverius 1 Bandarlampung  dan SMP Darul Ilmi Bandarlampung.

Dan SD swasta Pemuka Sakti Manis Indah Waykanan, SD Bustanul Ulum Lampung Tengah. (JO)

Posting Terkait