Pelaksanaan UNBK Sempat Terhenti

Ujian Nasional Berbasis Komputer – Ilustrasi (ist)

TANGGAMUS-Pada hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Tanggamus, sempat tertunda 10 menit diakibatkan listrik padam. Namun pelaksanaan bisa berlanjut lagi tanpa ada masalah setelahnya listrik hidup.

Menurut Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) kelompok SMA Ruslan, padamnya listrik terjadi pada sesi ketiga yakni pada pukul 14.00-16.00 WIB.

“Tadi listriknya mati sekitar 10 menit, jadi pelaksanaan terhenti sebentar. Setelah itu listrik bisa lagi jadi UNBK langsung dilanjutkan sampai waktunya habis,” jelas Ruslan.

Baca Juga:  Aset SMA/SMK Akan Lebih Diperhatikan

Ia menjelaskan hambatan padamnya listrik tersebut dialami seluruh sekolah. Dan saat itu memang ada sekolah yang menyalakan generator listrik namun ada yang tidak. “Begitu listrik mati kami langsung laporkan ke pusat, maka disana diputuskan penundaan kiriman soal, akhirnya semua terhenti. Lalu listrik menyala soal dikirimkan lagi. Akibat listrik ini memang semua sekolah terhenti pelaksanaannya,” tegasnya.

Meskipun tertunda 10 menit waktu pelaksanaan pun akhirnya bertambah. Hal itu berlaku otomatis yang diatur oleh pusat. “Jadi begitu di sini tidak merespon pusat langsung hentikan dan baru dilanjutkan lagi setelah ada respon, begitu juga dengan penambahan waktunya yang berakhir sesuai waktu gangguan, sekarang sudah canggih untuk mengatur itu,” imbuh Ruslan.

Baca Juga:  Pemkot Resmi Lepas Hak Tanah Beserta Gedung SMKN 9

Dalam hal ini ia mengaku tidak ada pemberitahuan dari pihak PLN atas padamnya listrik. Padahal semestinya PLN sudah mengetahui berlangsungnya UNBK yang sangat tergantung pada  listrik. Apabila terpaksa akan ada pemadaman sebaiknya PLN memberitahukan ke sekolah supaya dihidupkan generator yang sudah disiapkan sekolah masing-masing. “Kalau ini bisa kami maklumi mungkin karena ada gangguan atau ada masalah lainnya, dan ini juga tidak lama cuma 10 menit,’ pungkasnya.

Baca Juga:  280 SMK Sederajat Hari Ini Gelar UNBK

Sedangkan untuk pelaksanaan selama Senin-Selasa (10-11/4), ia mengaku lancar, tidak ada kendala listrik atau gangguan jaringan listrik. Hambatan hanya terjadi pada hari ketiga. Dan pelaksana UNBK akan berakhir pada Kamis (13/4) dengan mata pelajaran pilihan siswa seperti bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) atau ilmu pengetahuan sosial (IPS).  (SB/CD)

819 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pendidikan UNBK 2017

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan