Pelaku IKM Pesibar Tingkatkan Kapasitas Produksi

ist

KRUI—Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) memperkuat semangat dan peningkatan kapasitas industri kecil dan menengah (IKM) agar tumbuh menjadi pelaku usaha yang kompetitif. Upaya tersebut diwujudkan melalui kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan dan Pelatihan Diversifikasi Produk Tapis, Kamis (22/3).

Bupati Pesibar, Agus Istiqlal menuturkan, potensi kerajinan tapis di Pesibar memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan menjadi aneka produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Sementara hilirisasi produk hasil olahan ikan sangatlah beragam dan memiliki potensi yang cukup besar jika diproses dan menghasilkan nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Untuk itu kemampuan SDM pelaku usaha tapis harus terus diasah agar menghasilkan olahan tapis yang memiliki nilai jual tinggi.

“Sekarang perkembangan teknologi dan perubahan minat pasar terus berubah. Sehingga pelaku IKM dituntut untuk terus berinovasi mengimbangi permintaan pasar,” ujarnya saat membuka acara tersebut.

Agus menjelaskan, perkembangan IKM memiliki potensi besar dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. IKM juga mampu bertahan ditengah krisis, karena daya beli masyarakat yang lebih tinggi dari pada industri lain.

Bupati mengingatkan bahwa IKM adalah pahlawan ekonomi rakyat, IKM sangat penting untuk mengurangi angka pengangguran, dan dapat berpengaruh pada tingkat angka kemiskinan yang ada di Pesibar.

“Oleh karena itu mari bersama-sama kita kembangkan IKM ini. Dan harapan kedepannya dapat tercipta segala jenis usaha baru yang dapat menyerap pengangguran sehingga angka kemiskinan di Pesibar dapat berkurang,” harapnya.(SP)

IKM Tapis Pesibar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan