Pelaku UMKM Senang Jika Tak Ada Lagi Gerai Produk Asing di Rest Area Jalan Tol

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menyambut baik keinginan Presiden Joko Widodo memberikan ruang yang lebih besar kepada para pelaku UMKM di rest area jalan tol.

Jokowi juga ingin agar gerai makanan dan minuman seperti Starbucks dan KFC tidak lagi ada di rest area.

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M Ikhsan Ingratubun mengatakan, selama ini UMKM memang kurang mendapatkan tempat di rest area. Meski ada pengelola tol yang menyatakan telah menyediakan tempat yang lebih banyak kepada UMKM.

Baca Juga:  UMKM Harus Naik Kelas

‎”Porsi UMKM di rest area menurut GM Jasa Marga sudah mencapai 30 persen. Namun pengelola atau pemilik konsesi dari jalan tol di Indonesia bukan hanya Jasa Marga, ada beberapa lagi yang memiliki konsesi tersebut,” ujar dia di Jakarta, seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Senin (23/7/2018).

Dia menjelaskan, selama ini tidak ada ketentuan yang mengatur soal porsi UMKM di rest area. Akibatnya, pengelola tol lebih memilih untuk menyediakan tempat kepada merek-merek terkenal ketimbang UMKM.

Baca Juga:  Mal Virtual Promosikan Produk UMKM

“Porsi UMKM tergantung para pemilik konsesi dan juga pengelola lahan rest area yg ditinjuk oleh pemilik konsesi jalan tol yg diatur oleh BPJT atau Badan Pengelola Jalan Tol sesuai Kepmen PU no.295/PRT/2005,” ungkap dia.

Ikhsan menyatakan, jika memang pemerintah berani melarang gerai-gerai asing tersebut ada di rest area maka hal tersebut merupakan terobosan yang baik. Namun peningkatan porsi bagi UMKM di rest area diharapkan tidak hanya isapan jempol belaka, melainkan benar-benar terlaksana.

Baca Juga:  Menteri Koperasi Beri Penghargaan Kepada Gubernur Ridho

“Bahwa rest area jalan tol tidak boleh lagi ada merek terkenal seperti Mc Donald, KFC, Sturbucks dan lain-lain. Hal ini bisa merupakan terobosan keberpihakan yang baik bagi UMKM oleh pemerintah atau bisa juga tidak dapat terlaksana,” tandas dia. (net/hp)

Rest Area UMKM

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan