Pembacaan  Putusan Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri Tertunda Gara-gara Corona

Penetapan Tersangka Untuk Pengembangan Kasus Korupsi Eks Bupati Lampung Selatan Berpotensi Bertambah

Ketua KPK Firli Bahuri.

Bandar Lampung – Dewan Pengawas [Dewas] Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] memutuskan melakukan penundaan untuk membaca putusan sidang etik atas Ketua KPK Firli Bahuri dan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap.

Semula agenda tersebut akan berlangsung, Selasa, 15 September.

Keterangan penundaan tadi diuraikan melalui insta story pada instagram KPK.

“Update. Sidang etik Dewas KPK dengan agenda pembacaan putusan terperiksa YP [Pegawai KPK] & FB [Ketua KPK] ditunda. Sidang yang semula dijadwalkan hari ini, Selasa, 15 September 2020, berubah menjadi Rabu, 23 September 2020. Demikian disampaikan, terimakasih,” begitu informasi yang tertera di laman instagram KPK.

Penundaan ini didasarkan adanya seorang staf kesekretariatan di Dewas KPK yang positif terpapar Covid-19. Peristiwa ini mengakibatkan adanya kegiatan test swab kepada seluruh anggota Dewas KPK dan staf.

Sebelumnya, diketahui sudah ada 69 pegawai KPK yang dinyatakan positif Covid-19 sejak virus ini merebak di Indonesia pada Maret 2020. Gedung KPK sempat di-lock down selama 3 hari karena penyebaran virus ini. KPK juga baru saja menggelar tes swab massal kepada 1.901 orang pada 7-11 September 2020.

Sidang ini digelar karena diduga Ketua KPK Firli Bahuri telah melakukan pelanggaran etik terkait penggunaan helikopter mewah.

Adapun dugaan etik yang diduga dilakukan Yudi Purnomo Harahap terkait pernyataannya atas proses pengembalian penyidik KPK Kompol Rossa ke Polri. [Ricardo Hutabarat]

Posting Terkait