Pembangunan Ruas Jalan Kota Dalam – Sindang Garut Diduga Kurangi Volume

Ruas Jalan Kota Dalam – Sidang Garut Diduga Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran. (Foto Saefudin)

PESAWARAN – Peningkatan ruas Jalan Kota Dalam – Sidang Garut, Kecamatan Way Lima yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pesawaran secara kasat mata dari kejauhan terlihat bagus dan mulus.

Namun, setelah diamati secara dekat ada yang janggal dari pembangunan peningkatan jalan tersebut.

Pasalnya, Peningkatan jalan ruas jalan Kota Dalom – Sindang Garut dianggarkan sekitar Rp 800 juta bersumber dari APBD 2019.

Dari hasil investigasi wartawan Harian Fajar Sumatera di ruas jalan tersebut, adanya dugaan pengurangan volume pekerjaan dalam peningkatan jalan.

Selain itu juga, aspal yang sudah dikerjakan terlihat rapih, disisi lain hamparan aspal diduga kuat tidak mencapai ketebalan 5 Sentimeter (CM) tidak ada bedanya dengan ketebalan tempe.

Menurut warga setempat mengatakan, jalan yang dikerjakan terlihat cukup apik sesuai harapan masyarakat.

“Yang cukup disayangkan iyalah ketebalan aspalnya,”kata Nurul Ikhwan RT 005 RW 003 Desa Setempat, Jumat (22/11).

Dirinya sebagai warga cukup terimakasih adanya pembangunan seperti ini, tetapi pemborong yang mengerjakan jangan hanya mengejar keuntungan saja.

“Pastilah pemborong juga kepingin punya untung, jangan juga pass musim penghujan jalan sudah rusak”, ujarnya.

Selain Nurul, warga lainpun menanggapi soal pembangunan ruas jalan Kota Dalom – Sindang Garut dengan komentar yang sama.

Deri pun senada yang sama berkaitan dengan ketebalan hamparan aspal yang menutupi badan jalan yang diduga sangat tipis.

Persoalannya, jalan tersebut adalah jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Pringsewu, yang setiap bukan dilewati oleh motor roda dua dan mobil roda empat jenis pickup saja.

Akan tetapi setiap harinya juga dilintasi mobil truk atau damtruk yang bermuatan berat.

“Dengan kondisi sebagian aspal seperti itu terus kalau dilindas mobil dam truk bermuatan tanah atau batu pasti cepat rusak”tandasnya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran (T.A) 2019, Peningkatan ruas jalan Kota Dalom – Sindang Garut Sebagai pemenang tender proyek atas nama CV Mandala Putra dengan 4 Pendamping peserta lelang.

Tender yang dimenangkan oleh CV Mandala Putra dengan penawaran terendah dari pengguna anggaran Rp 792.344.174.98,- anehnya tiga peserta tender lainnya tidak melampirkan penawaran harga perkiraan sendiri. (DN)

PUPR Pesawaran Ruas Kota Dalam - Sindang Garut

Posting Terkait