Pembebasan Lahan JTTS Beres Bulan Ini

Ilustrasi JTTS. (Ist)

BANDARLAMPUNG—Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera membereskan pembebasan lahan di Proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Pembebasan lahan dalam proyek interkoneksi Sumatera akan dibereskan pada Januari ini.

“Terutama Bakaeuheni-Terbanggi Besar, kemudian Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung Palembang, itu targetnya Mei-Juni bisa selesai konstruksinya. Tanahnya juga saya kira tadi ada pak Menteri ATR itu bisa kita selesaikan Januari ini,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai melaksanakan Rapat Koordinasi dalam bahasan Perkembangan Pembangunan Proyek Trans Jawa dan Sumatera di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (3/1).

“Di Trans Sumatera juga beberapa ada yang mau diresmikan. Januari ini kayak Bakauheni-Terbanggi Besar yang kemarin financial closingnya sudah kita lakukan minggu lalu dengan percepatan konstruksi harus segera kita lakukan,” tambahnya.

Baca Juga:  Kades Karangsari Jual Lahan untuk Tol Tanpa Libatkan Ahli Waris

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengklaim, dalam Proyek Pembangunan Trans Jawa dan Sumatera, pemerintah tidak mengalami kendala besar. Meski ada beberapa kendala di beberapa titik namun secara keseluruhan pembebasan lahan dalam proyek Trana Jawa dan Sumatra bisa diselesaikan pada bulan ini.

“Pembebasan lahan sudah enggak jadi masalah lagi, kalau pun ada itu yang kecil-kecil itu. Target menteri PU itu kita bisa capai. Yang Trans Sumatera juga gitu ada yang sengketa antar para pemilik, ada beberapa yang kecil tapi secara overall tidak menghambat,” papar dia.

Sementara itu pada awal Desember 2017 lalu ada 8 ruas tol Trans Sumatera dalam tahap konstruksi, mulai dari ujung Selatan di Pelabuhan Bakauheni menuju Terbanggi Besar hingga Medan-Binjai di sebelah Utara. Beberapa di antaranya ada yang sudah beroperasi.

Baca Juga:  Pembebasan Lahan JTTS Sesuai Prosedur

Diantaranya tol Palembang-Indralaya seksi 1 Palembang-Pamulutan 7,75 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 sepanjang 42 km, dan Medan-Binjai seksi 2 dan 3 sepanjang 10,4 km. Ketiga ruas tersebut baru dioperasikan pada tahun 2017 ini, tepatnya di Oktober. 8 ruas yang tengah dalam konstruksi ini total panjangnya mencapai 669,3 km.

Selanjutnya, ada 6 ruas Tol Trans Sumatera lagi yang sedang dalam tahap perencanaan untuk mulai dibangun. Di antaranya yang dikerjakan PT Hutama Karya, yakni ruas Palembang Tanjung Api-api 90 km, Padang-Pekanbaru 240 km, Medan-Aceh 470 km dan Indrapura-Kisaran 45 km. Kemudian yang dikerjakan PT Hutama Marga Waskita, yakni ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi 39 km, dan Tebing Tinggi-Parapat 104,5 km

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), I Gusti Ngurah Putra menambahkan, pemerintah akan segera meresmikan dua pintu di seksi I dan II sepanjang 16,5 kilometer itu. Peresmian itu rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga:  Pemprov Lampung Dukung Pusat Bantu Penyelesaian JTTS

“Bakauheni-Terbanggi Besar mau diresmikan 2 gate, 72 sampai 80. Tinggal nunggu Bapak Presiden (Jokowi),” kata Gusti.

Saat ini, Gusti menjelaskan, untuk proyek Bakauheni-Terbanggi Besar yang memiliki panjang total 141 km ini masih fokus menyelesaikan masalah pembebasan lahan. Pembebasan lahan pada proyek itu saat ini mencapai sekitar 92%.

Dirinya optimis dapat menyelesaikan pembebasan lahan tersebut di pada akhir bulan ini. Sehingga, bagian dari Tol Trans Sumatera tersebut dapat difungsikan untuk musim mudik tahun ini.

“Kalau tanah selesai akhir bulan ini, maka kita paksakan sebelum lebaran tahun ini fungsional,” katanya.(*)

413 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pembebasan Lahan JTTS

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan