Pembelajaran Bersedakoh

Ngupi Pai

Oleh: Rusidi

LEBIH baik tangan di atas daripada tangan di bawah. Hal ini dapat diibaratkan, lebih baik memberi daripada menerima. Makna kalimat di atas tentu sangat penuh arti dan bijaksana bila ditelaah dengan seksama. Apalagi hal tersebut dilakukan di bulan Suci Ramadhan, dimana bulan pernah berkah dan ampunan. Tentu apa yang kita lakukan demi sebuah kebaikan akan mendapat ganjaran atau pahala yang berlimpah.

Tapi apakah setiap pemberian akan mendapatkan apa yang diharapkan si pemberi (pahala yang berlimpah). Allah SWT sudah tentu akan senang dengan orang yang bersedakoh tanpa banyak orang tau. Maksudnya, apa yang kita lakukan yang berorientasi kebaikan seperti saling berbagi, tidak harus diumumkan kepada masyarakat. Karena semua itu nantinya berujung pada yang namanya riya.

Baca Juga:  Karakter Bangsa

Seperti apa yang dilakukan seorang sahabat yang berada nun jauh disana. Sahabat tersebut menitipkan bantuan kepada kepada salah satu sohibnya agar dapat diberikan kepada sebuah yayasan anak yatim piatu. Namun tanpa sepengetahuan sohibnya tersebut, sahabat yang berada nun jauh disana tepatnya diseberang pulau, menshare atau cawe-cawe di grup WA alumni kampusnya dahulu.

Baca Juga:  Sekadar Numpang Tenar

Tentu ini menjadi hal yang wajar namun tanpa disadari sudah sedikit menghilangkan apa yang seharusnya ia dapatkan (pahala). Bahkan apa yang didapat sahabat tersebut setelah menshare di grup, ternyata cibiran dan nada negatif yang mencuat. Bahkan sahabat yang dermawan tersebut divonis yang macam-macam dari teman alumni semasa ia masih kuliah dahulu.

Ada pembelajaran yang kita peroleh dari apa yang dilakukan oleh sahabat tersebut. Ternyata berbuat kebaikan tidak harus dibicarakan kesana kesini. Artinya, apa yang kita lakukan untuk kepentingan orang banyak khususnya kaum dhuafa, cukup dirinya lah dan sang Khalid yang tau.

Baca Juga:  Arinal Mencari Dalil

Tidak perlu cawe ke teman, saudara maupun khalayak umum. Semoga kita terhindar dari apa yang telah dilakukan sahabat nun jauh disana. Apalagi saat ini kita tengah menjalani ibadah di bulan Suci Ramadhan, bulan terbaiknya umat muslim seluruh dunia. (*)

Ngupi Pai

Posting Terkait