Pembobol Rumah Mantan Ketua PN Diciduk

Ilustrasi (Ist)

BANDARLAMPUNG– Jajaran Satuan Reserse kriminal (Reskrim) Polresta Bandarlampung berhasil meringkussalah satu pelaku pembobol rumah mantan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang Minanoer Rachman, pada pulan Ramadhan lalu.

Iwan Setiawan (32) warga Kelurahan Pesawahan, Telukbetung Selatan, Balam, diringkus dikediaman kakak iparnya di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (15/9).

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polresta Balam Kompol Harto Agung Cahyono menjelaskan, penangkapan pelaku berdasarkan hasil lidik jejak pelarian pelaku. ” Ya, hampir satu bulan kami melakukan lidik terhadap pelaku,” ujarnya, saat ekspose di Mapolresta setempat, Kamis (14/9).

Baca Juga:  Komplotan Pembobol Rumah dan Toko Ditangkap

Haro sapaan akrabnya menambahkan, setelah mendapatkan informasi bahwa pelaku melarikan diri ke Kudus, Jawa Tengah, petugas pun langsung melakukan pengejaran dan berhasil meringkus pelaku. ” Saat akan dilakukan penangkapan, pelaku ini sempat melawan dan dengan terpaksa kami melakukan tindakan tegas terhadap pelaku dengan menembak kakinya,” katanya.

Dari penangkapan pelaku ini, lanjut Harto, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit televisi 32 inchi, dua unit handphone, satu buah DVD, satu unit sepeda motor, satu unit speaker aktif dan dua buah tas.” Akibat dari perbuatan pelaku itu, petugas mengenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama tujuh tahun,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polres Tulang Bawang Ringkus Warga Sumsel Pembobol Rumah

Sementara pengakuan tersangka Iwan Setiawan mengaku melakukan pembobolan tersebut dikarenakan untuk biaya keperluan merayakan hari raya idul fitri. “Ya, awalnya saya enggak punya uang untuk keperluan biaya lebaran. Makanya saya nekat melakukan pembobolan rumah itu, oleh karena rumah itu juga lagi ditinggal pemiliknya,” katanya.

Menurut pria yang keseharian-harinya sebagai pemulung ini menambahkan, setelah berhasil melakukan pembobolan itu ia langsung mengambil barang-barang berharga seperti jam tangan, cincin batu akik, beberapa lembar uang dollar dan emas batangan.” Semua barang itu sebagian saya jual, dan sisanya seperti jam tangan saya buang ke sungai,” katanya. (HL)

Pembobol Rumah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan