Pemerintah Siapkan Rp 16 T untuk Pengamanan Pilkada dan Pilpres

Foto: Rachman Haryanto

Jakarta – Sebesar Rp 220,8  triliun disiapkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam APBN 2018 untuk belanja pertahanan, keamanan dan demokrasi pada tahun depan. Angka ini naik sekitar Rp 19,2 triliun dibanding anggaran tahun lalu.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani menjelaskan, kenaikan anggaran tersebut disebabkan adanya tambahan dana untuk keamanan dari aparat kepolisian dalam mengawal pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan berlangsung tahun depan. Dana untuk kedua pesta demokrasi itu sendiri mencapai Rp 16 triliun.

Baca Juga:  Disebut Paling Kuat Jadi Cawapres, Anies Baswedan Pilih Fokus Kerja

“Keamanan ada tambahan untuk kepolisian dalam mengantisipasi pesta demokrasi baik Pilkada maupun pemilu. Untuk alokasi dananya Rp 16 triliun,” katanya, seperti yang dilansir dari detik.com dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, anggaran sebesar Rp 16 triliun itu bertujuan untuk menciptakan kondisi pesta demokrasi yang kondusif dan nyaman diikuti oleh seluruh masyarakat.

Baca Juga:  Gerindra Targetkan Prabowo Menang Pilpres 2019

Dia sendiri menolak jika anggaran sebesar itu disiapkan untuk menyiapkan pasukan keamanan yang lebih banyak dalam rangka adanya kemungkinan situasi politik yang lebih panas.

“Sebetulnya kalau kita lihat dari yang disebut komitmen, kepolisian yang baik, kejaksaan yang baik dan profesional, itu berkaitan untuk menciptakan suasana perekonomian yang kondusif. Kalau kita mau tingkatkan anggaran secara bertahap, bahwa TNI akan jadi kuat dan profesional sehingga bisa menjaga,” tutur Sri Mulyani pada kesempatan yang sama.

Baca Juga:  Polri Waspadai Enam Hal Kecurangan yang Mungkin Terjadi dalam Pilkada

“Dan ini akan menyebabkan masyarakat jadi tenang, masyarakat aman, dan para pelaku ekonomi jadi tempat yang pasti dan baik. Jadi ini tidak ada hubungannya dengan ancaman dan lain-lain,” tandas dia. (NET)

1,413 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pilkada 2018 Pilpres 2019

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan